Begini Mudahnya Rekayasa Waktu Postingan di Facebook

Logo Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic/Files

VIVA.co.id – Siswi asal Banyuwangi, Afi Nihaya Faradisa, sedang menjadi perhatian pengguna internet. Postingan-nya berjudul ‘Belas Kasih dalam Agama Kita’ yang diunggah di akun Facebooknya pada 25 Mei 2017, dituding menjiplak tulisan dari akun Facebook dengan nama Mita Handayani dengan judul 'Agama Kasih' yang diunggah 30 Juni 2016.

Viral Istri Keciduk Suami Selingkuh Saat Sahur: Aku Nggak Malu, Ngapain Aku Malu?

Dalam penuturannya di stasiun televisi swasta, Afi membantah menjiplak tulisan Mita handayani. Sementara Mita Handayani sudah mengklarifikasi memang saat Ramadan tahun lalu, telah mengunggah tulisan di akun Facebooknya dengan judul 'Agama Kasih'. 

Dalam klarifikasinya, 1 Juni 2017, Mita menduga Afi menulis tulisan 'Belas kasih dalam Agama Kita' sebagai respons spontan atas keprihatinan siswi tersebut atas aksi Bom Kampung Melayu. Mita melihat, Afi menulis tulisan itu untuk membela Islam dari tuduhan terorisme dan kebencian. 

Kaleidoskop 2021: Kabar Paling HOT, Prestasi, Haru, Hingga Viral

Dalam tulisannya, Mita mengingatkan semua orang setidaknya pernah melakukan kesalahan, termasuk dirinya. Jadi untuk menanggapi kasus Afi, Mita meminta keikhlasan para pengguna internet. 

"Jika usaha Afi kali ini dianggap sebagai kesalahan, aku mohon dimaafkan. Mungkin kita yang terlalu membebaninya, sehingga Afi merasa memiliki tugas moral untuk terus menginspirasi pembacanya, terutama di waktu-waktu genting ketika justru yang lebih tua tak bisa diandalkan untuk menyejukkan keadaan," tulis Mita. 

Viral Pria Mengaku Anggota TNI Bawa Kabur Motor Orang

Seiring isu dugaan plagiatisme Afi tersebut, di Facebook muncul beberapa tangkapan layar, tulisan tentang 'Agama Kasih' karya Mita Handayani tapi dengan postingan waktu berbeda-beda. Bahkan ada yang ada tangkapan layar yang memosting tulisan 'Agama Kasih' pada Desember 2015, namun dengan karya Afi Nihaya. 

Jika diteliti seksama, Facebook memang punya fitur pengaturan waktu postingan sesuai kebutuhan pengguna. Facebook punya pengaturan untuk menbuat postingan kita pada saat ini diundurkan di waktu lampau. Untuk membuat postingan baru kita mundur, cukup gampang mengutak-atiknya.

Pada bagian Pusat Bantuan, Facebook memang menyediakan cara untuk mengundurkan postingan baru ke waktu lampau. 

Untuk memundurkan postingan, cukup mudah. Cukup klik ikon tanda panah di pojok kanan atas. Selanjutnya, pilih 'ubah tanggal'. Maka akan muncul pilihan pengaturan memundurkan waktu postingan. 

Pengaturan untuk memuncurkan waktu postingan di Facebook

Pengguna tinggal memilih pengaturan tahun, bulan, tanggal, jam dan menit postingan-nya. Setelah itu kemudian klik 'simpan'. 

Pengaturan untuk memuncurkan waktu postingan di Facebook

Namun Facebook menegaskan, pengguna yang telah memundurkan waktu postingan-nya, tidak dapat memundurkan waktu kiriman lebih awal dari saat Halaman tersebut dibuat. 

Pada postingan yang sudah dimuncurkan waktunya, nanti akan muncul ikon 'jam'. Bila ikon ini diklik, maka akan muncul keterangan asli kapan postingan tersebut diunggah di halaman Facebook. 

Pengaturan untuk memuncurkan waktu postingan di Facebook

(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya