Kominfo Akan Luncurkan Aplikasi 'Ayo Mudik'

Pemudik.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika akan menyediakan layanan aplikasi di setiap ponsel pintar (smartphone) bagi para pemudik untuk mendapatkan informasi.

Pemerintah Minta Peran Aktif Perhumas Sukseskan Presidensi G20

Informasi berupa layanan yang disediakan oleh sejumlah lembaga negara, baik itu informasi rute perjalanan, fasilitas dan layanan kesehatan di setiap jalur mudik.

Dinamai 'Ayo Mudik', aplikasi ini akan memudahkan masyarakat ataupun pengendara yang ingin mengetahui sejumlah informasi tanpa harus bertanya selama perjalanan.

Cara Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital

"Aplikasi ‘Ayo Mudik’ ini masyarakat bisa mengetahui berbagai informasi baik berkaitan dengan pos-pos keamanan, tempat peristirahatan dan semua yang berkaitan dengan arus mudik serta balik," kata Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kemenkoinfo, Rosalita Niken Widyastuti, di Jakarta, Senin, 12 Juni 2017.

Ia juga mengatakan, selain informasi yang berasal dari pemerintah, pihaknya juga menyediakan pemberitahuan lokasi SPBU dan restoran bagi masyarakat.

Pemerintah Berikan Izin Acara Skala Besar Konser & Pernikahan

"Kami juga memastikan kelancaran jaringan internet, juga kelancaran untuk traffic operator seluler," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek, meminta agar para pemudik menjaga fisiknya sebelum berkendara.

Hal itu untuk mengurangi terjadinya kecelakaan yang kerap terjadi selama arus mudik. "Jadi tidak minum alkohol, tidak minum obat-obatan yang menyebabkan kantuk karena darahnya tinggi. Juga harus ada cadangannya yang membawa kendaraan," kata dia. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya