Malam Ini, Posisi Bulan dan Jupiter Berada Satu Garis Lurus

Planet Jupiter.
Sumber :
  • NAS A/ JPL / Space Science Institute

VIVA.co.id – Hari ini, usai matahari terbenam, Spica, bintang paling terang di rasi Virgo The Maiden, Bulan, dan Planet Jupiter akan berada dalam satu garis lurus.

Ada Persamaan antara Bumi dengan Venus

Meskipun Planet Venus lebih terang dari Jupiter, namun Venus hanya muncul di langit timur pada dini hari, atau sebelum matahari terbit.

Mengutip Earthsky, Jumat, 28 Juli 2017, Bulan dan Jupiter akan terlihat pada sore hari ini. Tapi, Anda harus menunggu langit berubah menjadi gelap, sebelum melihat bintang Spica di sebelah timur.

Dua Benda Terbang dari Bumi Mau Mampir ke Venus

Meskipun Spica dianggap sebagai bintang paling terang di langit, tetapi Jupiter mampu bersinar 14 kali lebih terang dari bintang tunggal Virgo itu.

Pada Sabtu besok, 29 Juli, Anda harus perhatikan perubahan posisi Bulan terhadap Jupiter dan Spica. Perubahan posisi dari satu hari ke hari berikutnya, karena pergerakan aktual Bulan di orbit mengelilingi Bumi.

5 Karakter Menonjol Anak yang Lahir Hari Jumat, Nomor 3 Paling Sweet

Bulan akan keluar dari rasi Virgo setelah beberapa hari ke depan, namun Jupiter akan bersinar di depan rasi ini hingga November 2017. 

Artinya, Jupiter dan Spica akan tetap menjadi sahabat di langit kita selama empat bulan mendatang. (mus)

Hujan meteor.

Dua Peristiwa akan Terjadi Malam Ini

Dua peristiwa yang dimaksud adalah hujan meteor dan Bulan Perbani Awal, yaitu Bulan akan tampak sejak Matahari terbenam sampai tengah malam saat Bulan terbenam.

img_title
VIVA.co.id
8 Februari 2022