Pekerja di Industri Teknologi Rentan Efisiensi Karyawan

Ilustrasi startup lokal Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani

VIVA.co.id – Para pekerja yang bergerak di bidang industri teknologi, informasi dan komunikasi dianggap rentan mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Prabowo: Saya Atas Nama Prabowo-Gibran Minta Maaf kepada Pak Anies dan Pak Ganjar

Ini ditengarai oleh dinamisnya pergerakan industri teknologi. Sehingga melahirkan efisiensi yang tak lain merupakan investasi bagi industri teknologi.

"Ada trend yang berubah dan waktu perubahannya tak menentu di industri TIK," kata praktisi Industri teknologi informasi dan komunikasi (TIK) Hermawan Sutanto dalam siaran persnya, Senin, 31 Juli 2017.

Prabowo Koreksi Pertanyaan Ganjar soal Internet Gratis vs Makan Gratis

Menurut Hermawan, dinamisnya industri teknologi berbeda dengan mereka yang bergerak di bidang industri perminyakan dan gas. Dimana perubahan hanya terjadi ketika mencari sumber daya baru.

"Saat yang lama (sumber daya) sudah menipis atau habis," ujar Hermawan.

Solusi Prabowo untuk Ekosistem IT: Langsung Bangun Pabrik dan Beasiswa di Bidang STEM

Efisiensi karyawan di bidang industri teknologi, lanjut Hermawan, juga pernah diungkap dalam analisis Global Equities Research, Trip Chowdhry. Dimana sebagian besar PHK terjadi karena pergeseran di industri teknologi.

Apalagi saat ini dunia industri bertransformasi ke arah mobile dan cloud. "Bukan hanya perusahaan besar, startup pun diprediksi bakal merumahkan karyawannya. Ini jadi indikasi bahwa seluruh basis pelanggan sedang berjuang," katanya.

Menkominfo, Budi Arie Setiadi usai mendampingi Presiden Jokowi bertemu CEO Apple

Setelah Apple, Menkominfo Janji Boyong Bos Microsoft dan Nvidia ke Indonesia

Setelah CEO Apple Tim Cook, Menkominfo Budi Arie Setiadi berjanji membawa petinggi perusahaan teknologi lainnya untuk berkunjung ke Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024