Panduan E-Commerce Indonesia Disahkan

Melihat Gudang Penyimpanan Barang e-Commerce lazada
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menyampaikan pemerintah telah menerbitkan Peraturan Presiden Peta Jalan e-commerce. Peta jalan ini ditujukan untuk mendorong pencapaian ekonomi digital Indonesia senilai US$130 miliar pada 2020.

Sambut Mudik Lebaran, Perusahaan Ban Ini Rambah Dunia eCommerce

Pria yang akrab disapa Chief RA ini mengemukakan, peta jalan tersebut merupakan suatu kumpulan program yang telah dibuat pemerintah bersama seluruh pelaku e-commerce di Indonesia. Dia berharap Indonesia dapat menjadi negara ekonomi terbesar di kawasan Asia Tenggara.

"Peta jalan ini adalah wujud keseriusan pemerintah untuk mendorong industri e-commerce yang nilainya diprediksi bisa mencapai US$130 miliar pada 2020," tuturnya melalui pesan singkat, Kamis 10 Agustus 2017.

Shopee Luncurkan Program Baru, Garansi Tepat Waktu

Selain itu, menurutnya, peta jalan itu momentumnya tepat dengan tren layanan e-commerce dan marketplace sedang tumbuh dan berkembang di Indonesia.  Tercatat pada 2013 lalu, pasar e-commerce Indonesia memberikan angka mencapai US$1,3 miliar. Bahkan, diperkirakan  saat itu, pada 2017, e-commerce di Tanah Air menyentuh US$25-30 miliar, sehingga dinobatkan Indonesia sebagai raja e-commerce di Asia Tenggara.

Oleh karena itu, Kominfo akan mendorong industri tersebut hingga mencapai puncaknya.

Viral Tanah Kuburan Dijual di E-commerce Bikin Geger Warganet, Bisa Buat Pesugihan?

"Terima kasih kepada teman-teman atas partisipasinya. Alhamdullilah peta jalan ini sudah diundangkan," katanya.

Sebelumnya peta jalan ini terus molor pembahasan dan beberapa kali mundur dari perkiraan.

TikTok Shop resmi gabung dengan Tokopedia.

Integrasi Tiktok Shop dan Tokopedia, DPR: Harus Bantu UMKM Adaptasi dengan Teknologi

Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Mohamad Hekal mendukung agenda pemerintah untuk melakukan digitalisasi terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) agar tetap relevan den

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024