Canggih, Layanan Pelanggan Pun Adopsi Asisten Virtual

Veronika, asisten virtual ala Telkomsel
Sumber :
  • Tsel

VIVA.co.id – Artificial Intelligence atau kecerdasan buatan yang mendasari pembuatan robot kini diterapkan di segala bidang, termasuk untuk memberikan pelayanan ke pelanggan. Lewat GraPARI virtualnya, Telkomsel menambahkan lini layanan self-service melalui social chat platform.

Seniman Spanyol Bakal Nikah dengan Hologram, Pertama di Dunia dan Ini Alasannya

Telkomsel mengatakan, layanan mandiri ini dikembangkan dalam bentuk asisten virtual bersama Accenture dengan menggabungkan sisi artificial intelligence, customer analytics, dan interaksi manusia. Asisten virtual bernama Veronika ini akan melayani pelanggan Telkomsel di platform pesan instan seperti Line, Facebook Messenger dan Telegram.

"Dalam beberapa tahun terakhir, dari seluruh interaksi pelanggan dengan Telkomsel, ada dua pertiga dari mereka berinteraksi di kanal digital. GraPARI Virtual ini kami adopsi agar memberikan respons yang cepat dan tepat kepada pelanggan," ujar Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah, di Jakarta, Kamis, 24 Agustus 2017.

Viral Pria Meditasi Yoga Saat Badai Salju Terjadi, Warga Ributkan Hal Ini

Ririek menjelaskan, Veronika akan bisa menjawab pertanyaan dan permintaan informasi yang diajukan pelanggan tujuh hari dalam seminggu. Informasinya pun beragam, mulai dari informasi mengenai lokasi GraPARI terdekat, cara upgrade 4G, informasi paket aktif dan berlangganan, informasi tagihan, infomasi PIN T-Care, dan juga informasi PUK.

"Kehadiran Veronika di genggaman pelanggan layaknya memberikan akses 24 jam untuk berbicara dengan petugas GraPARI Telkomsel," ujar Ririek.

Google Rolls Out Gemini to Replace Bard Chatbot

Sebelumnya, Telkomsel juga memiliki berbagai lini pelayanan pelanggan di platform digital, seperti akun Twitter @telkomsel, Facebook @Telkomsel, Telkomsel Chat, Aplikasi MyTelkomsel, dan Web MyTelkomsel. (mus)

Mantan presiden As Barack Obama di Downing Street

Ex President Barack Obama Makes Surprise Visits to PM Rishi Sunak

The former President Barack Obama made a surprise visit to British Prime Minister Rishi Sunak in London.

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024