Penelusuran Suara di Google Bisa Pakai Bahasa Jawa dan Sunda

Ilustrasi pencarian Google.
Sumber :
  • www.pixabay.com/422737

VIVA.co.id – Kini pencarian Google menggunakan teknologi penelusuran suara sudah tersedia dalam Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda. Selain pencarian, kedua bahasa itu juga bisa dipakai ketika menggunakan Google App, aplikasi Google Translate serta aplikasi keyboard pintar Gboard di Android. 

Tampilkan Kotak Suara, Google Doodle Rayakan Pemilu 2024

Technical Program Manager, Speech and Keyboard Team Google, Daan van Esch mengatakan, hadirnya Bahasa Jawa dan Bahasa Sunda pada aplikasi Google atas kerja sama dengan beberapa universitas lokal seperti Universitas Gadjah Mada, Universitas Sanata Dharma, dan Universitas Pendidikan Indonesia.

Daan mengatakan, angka pertumbuhan penggunaan penelusuran suara di Indonesia terus melesat cepat, 50 persen lebih tinggi di atas angka pertumbuhan global. Hal inilah yang memacu Google untuk mengembangkan teknologi masukan suara dalam bahasa daerah untuk bisa menjangkau lebih banyak masyarakat Indonesia. 

Mudah! Begini Cara Hapus Data atau Informasi Pribadi dari Google

“Agar internet semakin inklusif dan berguna bagi banyak orang, hambatan bahasa perlu diatasi,” kata Daan dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Selasa 12 September 2017.

Daan berpesan, untuk pengguna agar memastikan telah mengganti sistem pengaturan suara (voice) ke dalam bahasa Jawa atau Sunda. 

Bunda Corla Jadi Top Pencarian di Google 2022

Pencarian bahas Sunda di Google

Pencarian bahasa Sunda di Google

Pakai Machine Learning

Untuk menerapkan variasi bahasa baru, Google bekerja sama dengan penutur asli untuk mengumpulkan contoh percakapan, dan meminta mereka membaca frasa yang umum digunakan. Proses ini melatih model machine learning Google untuk memahami suara dan kata dalam bahasa baru serta meningkatkan akurasinya saat menangkap lebih banyak contoh suara dan kata dari waktu ke waktu.

Pencarian bahasa Jawa di Google

Pencarian bahasa Jawa di Google

Dengan semakin banyaknya penutur bahasa asli yang menggunakan produk ini, teknologi masukan suara untuk masing-masing bahasa ini pun akan terus menjadi semakin baik.

Penelusuran dalam bahasa Jawa merupakan salah satu penelusuran terpopuler di Google, seperti ‘lagu dolanan anak’ atau ‘bal-balan dino iki’ sebagai kata kunci yang paling sering dicari oleh warganet di Pulau Jawa. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya