Ingin Generasi Muda Jadi Petani? Berikan Insentif

Sejumlah petani menanam padi di areal sawah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

VIVA.co.id – Peneliti Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Vanda Ningrum, menegaskan perlunya edukasi mengenai teknologi dan variasi teknik budidaya pertanian yang berkelanjutan bagi para pemuda pedesaan.

Menerawang Kebijakan 2018 yang Peduli Nasib Petani

Terlebih, saat ini lahan pertanian kian terbatas. "Teknik budidaya yang berkelanjutan ini akan mengurangi ketergantungan petani pada penggunaan pupuk kimia dan lebih adaptif terhadap perubahan lingkungan," kata dia, di Gedung LIPI, Jakarta, Rabu 20 September 2017.

Selain itu, Vanda mendorong pemerintah memberikan insentif bagi profesi petani yang bertujuan untuk menarik para pemuda menjadi petani.

Daya Beli Petani Membaik

"Tidak hanya guru saja yang diberikan insentif, profesi petani juga harus diberikan," ujar Vanda.

Seperti diketahui, profesi petani kini sudah tidak dilirik lagi para pemuda sebagai generasi penerus. Untuk itulah LIPI mendorong untuk memberlakukan kebijakan regenerasi petani Indonesia. Saat ini usia petani nasional mengalami ancaman penuaan, karena sebagian besar berusia 45 tahun ke atas.

Bersakit-sakit ke Ladang, Melarat Kemudian

Sementara itu, anak petani yang kembali menjadi petani untuk melanjutkan usaha tani keluarganya hanya sekitar tiga persen.

Pernyataan LIPI ini keluar setelah melakukan riset mengenai pemuda dan pertanian di tiga kabupaten di Jawa Tengah, yaitu Sragen, Klaten dan Sukoharjo.

Masing-masing kabupaten diwakili oleh 50 kepala keluarga, sehingga terdapat 150 kepala keluarga yang diriset oleh LIPI. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya