Twitter Ingin Berubah Jadi 280 Karakter

Ilustrasi Twitter.
Sumber :
  • www.pixabay.com/Mizter_x94

VIVA.co.id – Twitter mengumumkan sedang menguji perluasan karakter pada platformnya. Jika selama ini postingan Twitter terbatas pada 140 karakter, kini situs media sosial itu menguji postingan dengan 280 karakter. 

Facebook dan Instagram Down, Pengguna Ramai-ramai Ngeluh di X: Sudah Beberapa Jam Tumbang Semua!

Pengujian perluasan karakter ini didorong agar pengguna mudah memosting tanpa terganggu dengan pembatasan tersebut. Salah satu yang terganggu dengan pembatasan 140 karakter adalah, saat pengguna menggunakan Bahasa Inggris dan Spanyol. Twitter menyadari postingan dengan dua bahasa itu membutuhkan ruang yang lebih dari 140 karakter. 

Dikutip dari blog Twitter, Rabu 27 September 2017, situs mikro blogging itu mendapatkan data 9 persen postingan dalam Bahasa Inggris menembus 140 karakter, bandingkan dengan postingan dalam Bahasa Jepang yang menembus 140 karakter hanya 0,4 persen. 

Difitnah Jadi Aktor Konspirasi Hasil Pilpres 2024, Qodari Bilang Begini

Dengan hal itu berarti, Bahasa Jepang penggunaan karakter lebih ringkas dibanding postingan dalam Bahasa Inggris. 

"Kami ingin semua orang di dunia dengan mudah mengekspresikan dirinya di Twitter. Jadi kami melakukan sesuatu yang baru, kami menguji pembatasan yang lebih luas, 280 karakter," ujar Product Manager Twitter, Aliza Rosen dalam pengumumannya. 

Netizen Bingung: Ini Tempat Pemilihan Umum atau Acara Pernikahan

Dia menjelaskan, perluasan postingan menjadi 280 karakter akan berlaku bagi semua bahasa kecuali Jepang, China dan Korea. 

Rosen menegaskan, Twitter tetap ini menampilkan kekhasannya yakni menampilkan karakter yang singkat dalam postingan. Perluasan karakter tetap dibatasi, tidak akan panjang-panjang. Sebab Twitter punya pandangan postingan yang diberikan pengguna adalah wujud dari buah pemikiran pengguna secara singkat. 

"Twitter terkenal dengan (postingan) singkatnya. Postingan di Twitter itu sama persis dengan informasi atau pemikiran penting (pengguna). Ini sesuatu yang tak akan pernah kami ubah," ujarnya menegaskan. 

Pengujian 280 karakter akan dirasakan oleh sekelompok pengguna yang dipilih Twitter, sebelum nantinya diputuskan apakah akan berlaku untuk semua pengguna Twitter atau tidak. Langkah uji coba ini dilakukan untuk memastikan 280 karakter bisa berjalan dengan baik kepada semua pengguna.

Perbandingan karakter Twitter dalam tiga bahasa

   

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya