UKM Indonesia Kini Bisa Jualan Lewat WhatsApp Bisnis

Ilustrasi WhatsApp
Sumber :
  • www.pixabay.com/MIH83

VIVA – WhatsApp mengumumkan telah menghadirkan WhatsApp Bisnis secara gratis di Google Play. WhatsApp khusus untuk para UKM ini telah tersedia di Indonesia, Italia, Meksiko, Inggris dan Amerika Serikat. 

Riset: Kebiasaan Belanja Orang Indonesia, Bandingin Harga di Situs Online dan Toko Offline

Dalam keterangannya, Jumat 19 Januari 2018, WhatsApp menyadari orang di seluruh dunia menggunakan layanan mereka untuk terhubung dengan UKM, untuk menjalankan bisnis online.

Data survei dari Morning Consult Study menunjukkan, saat ini 90 persen bisnis UKM di Indonesia yang menggunakan aplikasi itu berpandangan, WhatsApp membantu mereka berkomunikasi dengan konsumen

Pesan Bijaksana dari Zecky Alatas untuk Kawula Muda Masa Kini

"85 Persen bisnis UKM yang memakai WhatsApp berpendapat WhatsApp membantu mereka mengembangkan bisnis mereka," tulis WhatsApp.  

Untuk itu, dinamika penggunaan WhatsApp itu melatarbelakangi aplikasi milik Facebook tersebut untuk menghadirkan WhatsApp Bisnis. 

Jangan Takut Tertipu, Simak Tips Jitu Cara Beli Motor Bekas yang Aman

"WhatsApp Bisnis akan mempermudah orang-orang untuk berkomunikasi dengan mereka dan sebaliknya, secara cepat dan sederhana," jelas WhatsApp.

Dalam WhatsApp Bisnis terdapat beberapa fitur yang membantu pengguna menjalankan bisnis maupun UKM mereka. 

Berikut beberapa fiturnya: 

Profil Bisnis

Fitur ini membantu konsumen dengan informasi bermanfaat seperti deskripsi bisnis, email atau alamat toko, dan website.

Alat Perpesanan

Menghemat waktu dengan alat perpesanan otomatis, yakni pesan cepat yang memberikan jawaban cepat atas pertanyaan yang sering diajukan, pesan sapaan yang mengenalkan konsumen ke bisnis dan pesan saat sedang tidak bisa mengakses aplikasi (away messages) untuk membuat orang tahu kapan harus mengharapkan balasan. 

Statistik Perpesanan

Pemilik bisnis atau UKM bisa meninjau metrik sederhana seperti jumlah pesan yang dibaca untuk melihat hal apa saja yang sudah dilakukan. 

WhatsApp Web 

Mengirim dan menerima pesan dengan WhatsApp Bisnis di desktop Anda.

Tipe Akun

Orang akan tahu bahwa mereka sedang berbicara dengan sebuah bisnis karena akun Anda akan terdaftar sebagai akun bisnis. 

Ke depannya, beberapa bisnis akan memiliki akun yang terkonfirmasi setelah akun mereka dikonfirmasi bahwa nomor telepon akun sama dengan nomor telepon bisnis.

WhatsApp menjelaskan, dengan hadirnya WhatsApp Bisnis ini, orang dapat tetap menggunakan WhatsApp seperti biasa, yakni tanpa perlu mengunduh aplikasi baru. Pengguna juga akan tetap memiliki kendali penuh atas pesan yang mereka terima, dengan kemampuan untuk memblokir nomor tertentu, termasuk bisnis, maupun melaporkan spam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya