Penipuan Berkedok Operator, Ini Imbauan Telkomsel

Telkomsel.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA – Kini marak penipuan yang mengatasnamakan operator. Telkomsel mengimbau kepada pelanggan untuk selalu waspada.

Smart Finance Gandeng CBI Redam Risiko Kredit Macet

Modus penipuan seringkali dilakukan melalui telepon, SMS, atau pesan instan dengan mengatasnamakan Telkomsel.

Penipu kemudian meminta informasi password atau kode verifikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS.

Permudah Layanan Perusahaan KITE, Bea Cukai Banten Luncurkan SIAP KABAN

Oleh karena itu, General Manager External Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin, meminta pelanggan untuk tidak perlu menanggapi permintaan tersebut.

Ia mengatakan Telkomsel tidak pernah meminta password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

"Kode ini harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank. Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain sama saja dengan membongkar akses aplikasi MyTelkomsel," kata dia di Jakarta, Selasa, 23 Januari 2018.

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, Denny mengatakan, modus penipuan juga seringkali meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel yang terkirim melalui SMS.

Apabila pelanggan merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, pelanggan tidak perlu menanggapi SMS tersebut dan tidak menginformasikan kode verifikasi tersebut apabila diminta oleh pihak tidak dikenal.

Dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi.

"Bisa melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan www.telkomsel.com. Salah satunya, ya, pengumuman pemenang undian Pesta Blanja Poin Telkomsel," ungkap Denny menegaskan.

Salah satu yang menjadi incaran penipu dalam menjalankan aksinya adalah mendompleng Pesta Blanja Poin Telkomsel. 

Ditegaskan pihak Telkomsel, dalam menyelenggarakan semua program berhadiah seperti Pesta Blanja Poin ini, Telkomsel akan menanggung 100 persen pajak hadiah pemenang, sehingga pelanggan tidak perlu lagi mengeluarkan dana untuk membayar pajak hadiah dan sejenisnya. Apabila terdapat informasi atau permintaan yang mengarahkan pelanggan untuk membayar sejumlah biaya dalam nominal tertentu, maka dapat dipastikan hal tersebut bermotif penipuan.

Melalui acara pengundian pada tanggal 15 Januari 2018 di Telkomsel Smart Office, Jakarta, Telkomsel mengumumkan pemenang program undian Pesta Blanja Poin periode ketiga.  Pelanggan dengan nomor 8126932XXX dari Banda Aceh keluar sebagai pemenang hadiah utama berupa mobil BMW 320i, sedangkan nomor pelanggan 8114090XXX dari Kendari dan 81235460XXX dari Surabaya masing-masing berhasil memenangkan mobil Honda Brio. Daftar lengkap pemenang dapat dilihat di website resmi Telkomsel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya