2 Cara Mudah Agar Data WhatsApp Tak Bisa 'Dicuri' Facebook

Sorot Facebook - Media Sosial Facebook Whatsapp
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Data pribadi pengguna akhir-akhir ini sedang menjadi perhatian publik dunia. Bocornya data pengguna Facebook dalam skandal yang melibatkan firma data politik Cambridge Analytica, membuat pengguna was-was.

Kolaborasi Menciptakan Inovasi Menyesuaikan UU Perlindungan Data Pribadi

Skandal Facebook itu membuat WhatsApp bersikap. Aplikasi pesan instan milik Facebook itu merespons, mereka mengaku mengumpulkan 'secuil data' pengguna saja. WhatsApp memastikan pesan pada platform mereka aman karena mereka sudah mengaktifkan enkripsi end to end

Pantas saja dengan keterangan WhatsApp itu, pengguna merasa was-was. Jangan-jangan data pengguna WhatsApp dibagi ke Facebook. Sebelumnya, WhatsApp dan Facebook memang berbagi informasi untuk kepentingan peningkatan pengalaman iklan dan produk di Facebook. 

AI Bisa Lindungi Data dari Hacker

Nah, bagi yang ingin menyetop data WhatsApp disedot Facebook, ada dua langkah yang patut dicoba pengguna dikutip dari Gadgetsnow, Kamis 19 April 2018. Langkah ini berlaku pada unduhan baru akun WhatsApp:

1. Ketuk ‘Setuju’ tapi hati-hati

Pemerintah Diminta untuk Transparan

Begitu pengguna mengunduh WhatsApp, maka akan diminta untuk 'Setuju' menerima kebijakan dan ketentuan privasi yang baru. Ketuk 'Setuju' tapi pengguna disarankan sekali mengetuk 'read mode' atau 'baca lagi'. 

Nantinya akan ada serangkaian kontrol muncul di layar bagian bawah. Pengguna yang tak menginginkan data mereka dibagi ke Facebook, bisa menonaktifkan atau menghapus centang tombol berbagi informasi tersebut. 


2. Hapus centang

Opsi kedua yang bisa dilakukan dalam hal pengguna telanjur menyetujui dan tidak mengubah pengaturan ketentuan berbagi informasi dengan Facebook. 

Jangan cemas. Cukup ubah pengaturan berbagi informasi dengan mengakses ‘Pengaturan/Setting’ kemudian pilih 'Account/Akun'. Selanjutnya pilih 'Share my account info/Berbagi informasi akun saya'. 

Nah pengguna, bisa menghapus centang pada bagian kotak tentang 'Berbagi informasi saya'. Namun perlu dicatat, opsi ini bekerja hanya dalam 30 hari saja. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya