Tips Sederhana Kirim Data Penting Aman dari Hacker

Ilustrasi hacker.
Sumber :
  • Pixabay/Geralt

VIVA – Salah satu cara penyebab terkena serangan siber yang semakin marak belakangan ini adalah banyak pengguna yang memakai pemacu peranti (device) milik sendiri untuk mengakses wifi publik.

Indonesia Mendapat 97 Ribu Serangan

Penggunaan yang sembarangan ini menjadi jalan masuk hacker atau peretas. "Semakin banyak bawa device sendiri. Antivirusnya enggak pernah di-update. Selesai sudah," ujar Country Manager Dimension Data Indonesia, Hendra Lesmana kepada VIVA, Rabu, 6 Juni 2018.

Wifi publik, menurut dia, merupakan pintu masuk serangan siber, khususnya ransomware. Apalagi telah terjadi lonjakan serangan hingga mencapai 350 persen pada tahun lalu.

Angkatan Udara Kebobolan, Percakapan 4 Perwira Tinggi Berhasil Disadap di Singapura

Dengan demikian, harus dilakukan antisipasi lebih untuk menghindari serangan ransomware. Selain itu, Hendra mengatakan untuk menghindari penggunaan wifi publik saat sedang melakukan transaksi penting.

Apalagi pada Wifi yang tidak terenskripsi, maka otomatis semua data bisa diambil dengan mudah oleh pelaku kejahatan siber.

Kementerian dan Lembaga Diserang Hacker

"Sedang melakukan transaksi sebaiknya jangan pakai wifi publik, apalagi tanpa password dan tidak terenkripsi. Semua transaksi bisa terbaca. Bahkan yang sudah enkripsi juga bisa dibongkar hanya beberapa menit," ujarnya.

Ilustrasi hacker.

AS Tuntut 7 Warga China atas Peretasan Jahat yang Disponsori Negara

Amerika Serikat pada Senin, 25 Maret 2024 mengumumkan penuntutan terhadap tujuh warga negara China atas tuduhan melakukan kampanye peretasan jahat yang disponsori negara.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024