6 Fitur Tersembunyi di WhatsApp, Lebih Kekinian

Ilustrasi pengguna WhatsApp.
Sumber :
  • Instagram/@whatsapp

VIVA – Aplikasi pesan instan WhatsApp salah satu alat komunikasi yang paling banyak dipakai, atau lebih dari 1,5 miliar pengguna di seluruh dunia.

Gaya Hidup Aktif Masyarakat Dorong Permintaan akan Perangkat yang Sesuai

Usai dibeli oleh Facebook, ada banyak pembaruan untuk menambahkan banyak fitur di WhatsApp. Nah, banyaknya fitur yang diluncurkan ini memang tanpa pemberitahuan yang masif.

Dengan begitu, pengguna kemungkinan belum pernah mendengar atau tidak pernah mencobanya. Mengutip situs Express, Rabu, 8 Agustus 2018, berikut enam fitur yang tersembunyi di WhatsApp:

Mantan Ajudan SYL Ungkap Ada Pesan WA dari Firli ke SYL, Tapi Langsung Dihapus

1. Panggilan Grup WhatsApp (WhatsApp group calling)

Panggilan grup adalah fitur yang sangat baru di WhatsApp, sehingga Anda mungkin tidak akan memiliki kesempatan untuk mencobanya.

Ternyata Ini Perbedaan Panggilan Bilqis ke Muhammad Fardhana dan Mantan Pacar Ayu Ting Ting

Jika Anda memiliki kelompok yang sulit bertemu langsung, maka fitur ini sangat ideal untuk dimanfaatkan. Fitur obrolan grup ini juga berfungsi sebagai video dan panggilan suara.

Caranya, cukup mulai panggilan suara atau video satu-lawan-satu, lalu klik tombol "tambah peserta" baru di sudut kanan atas untuk menambahkan lebih banyak kontak ke panggilan grup.

Pesaing WhatsApp, Snapchat, juga menawarkan fitur panggilan kelompok serupa. Namun, WhatsApp mengklaim kalau fitur milik mereka terenkripsi, sehingga Anda dan seluruh grup benar-benar aman, terlindungi dan privasi tak terganggu saat panggilan grup.

2. Backup Obrolan WhatsApp (WhatsApp Chat Backup)

Data WhatsApp Anda mungkin saja sudah disimpan atau di-backup di cloud tanpa Anda sadari. Anda juga dapat mengubah seberapa sering hal ini dilakukan, dan pilih apakah Anda ingin video juga ikut tersimpan.

Sentuhan bagus lainnya adalah kemampuan untuk mengatur backup obrolan ini ke wifi hanya untuk menghindari biaya data jaringan.

3. Baca Pesan WhatsApp yang Dihapus (Read Deleted WhatsApp Messages)

Jika Anda pernah memerhatikan seseorang menghapus pesan dalam obrolan, maka Anda mungkin telah melihat pemberitahuan sisa yang bertuliskan "Pesan ini telah dihapus". Namun, itu bukanlah akhir segalanya.

Beberapa aplikasi pihak ketiga dapat memulihkan pesan yang dihapus jika Anda benar-benar ingin membacanya kembali. Coba saja Riwayat WhatsRemoved atau Pemberitahuan jika Anda ingin melihat apa yang teman Anda tulis sebelumnya.

4. WhatsApp Web

Jika Anda belum mencoba fitur yang satu ini, maka Anda benar-benar harus lakukan. Karena, fitur ini secara efektif menempatkan WhatsApp di komputer atau laptop Anda.

WhatsApp Web sangat berguna untuk berbagi tautan atau media yang disimpan di komputer Anda, serta ideal untuk mengetik pesan yang lebih panjang dengan mudah menggunakan keyboard.

5. Sembunyikan Media WhatsApp di Galeri (Hide WhatsApp Media in Gallery)

Kita semua telah menerima gambar atau video yang tidak ingin ditampilkan di galeri. Atau, bisa saja tidak ingin menghapusnya karena untuk sesuatu hal.

Oleh karena itu, fitur ini memungkinkan untuk menyembunyikan gambar atau video. Cukup buka Menu WhatsApp, pilih Obrolan dan hapus centang pada kotak di samping "Tampilkan media di galeri".

6. Abaikan WhatsApp tanpa Meninggalkan Grup (Tidy WhatsApp without Leaving Groups)

Meninggalkan grup WhatsApp merupakan salah satu cara untuk mengurangi daftar obrolan di grup WhatsApp. Tetapi, ada hal lain yang memungkinkan Anda tetap berada di dalamnya, tanpa harus 'resign' dari grup.

Mengarsipkan obrolan Anda merapikan layar WhatsApp Anda. Untuk Android tahan jendela obrolan dan pilih "Arsip" atau di iOS geser ke kiri dan pilih "Arsip".

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya