Fitur Rahasia di Gmail Versi Mobile, Begini Cara Pakainya

Gmail.
Sumber :
  • www.pixabay.com/gabrielle_cc

VIVA – Kabar bagi bagi Anda pengguna Gmail. Google sudah menyediakan Confidential Mode alias mode rahasia pada aplikasi mobile Android maupun iOS. Sebelumnya fitur rahasia itu hanya hadir pada Gmail versi desktop. 

Gmail Mengucapkan Selamat Tinggal

Fitur ini begitu berguna bagi pengguna Gmail yang ingin mengamankan pesan email dari intipan pengguna lain. Sebab fitur Confidential Mode ini membantu pengguna melindungi informasi sensitif dari akses yang tak diizinkan. 

Dikutip dari Firstpost, Senin 20 Agustus 2018, fitur mode rahasia itu akan tampil beserta dengan kapan mode rahasia itu berlaku. 

Google to Start Deleting Inactive Gmail Accounts from This Week

Sebelum mengirimkan pesan dengan memanfaatkan mode rahasia itu, di atas pesan email akan muncul penanda Confidential. 

Untuk memakai fitur ini, saat akan mengirimkan ke pesan email ke pengguna lain, klik 'compose' atau 'tulis’. Lalu di sisi kanan atas, akan muncul beberapa opsi. Pilihlah dan aktifkan 'Confidential Mode'. Pilih mode rahasia tersebut dan simpan opsi tersebut, beserta atur kapan berlakunya mode rahasia itu dan kode sandi. 

Gmail Akan Lenyap Selamanya

Pesan email dengan mode rahasia ini berbeda dengan pesan email pada umumnya. Penerima pesan email rahasia itu akan mendapatkan beberapa opsi mulai dari forward, copy, print atau menonaktifkan unduh dan unggah. Bukan itu saja, penerima nantinya juga harus memasukkan kode sandi tertentu agar bisa melihat isi email tersebut. 

Jika pengirim tak memilih opsi kode sandi SMS, maka penerima akan bisa melihat pesan email secara langsung. Dalam hal penerima email tak menggunakan Gmail, maka sang penerima akan mendapatkan kode sandi melalui email

Jika pengirim memilih opsi 'kode sandi SMS', maka penerima harus memasukkan kode sandi melalui pesan teks. Langkah terakhir yakni Simpan. Maka jadilah isi email Anda itu rahasia, hanya pengguna tertentu yang bisa melihatnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya