Cara Simpel Menanak Nasi Supaya Tak Jadi Gemuk

Ilustrasi memasak nasi.
Sumber :
  • Pixabay/Pexel

VIVA – Ternyata ada satu cara yang bisa menanak nasi sehingga memangkas setengah kandungan kalorinya. Umumnya satu mangkok nasi matang mengandung 240 kalori. Kalori itu mampu menjadi lemak dan membuat gemuk jika tidak langsung terbakar. 

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Nah peneliti dari Sri Lanka menemukan cara simpel menanak yang bisa memotong kandungan kalori tersebut, sehingga memberikan sejumlah keuntungan kesehatan. 

Caranya saat air dalam panci mendidih, masukkan minyak kelapa dahulu sebelum beras dimasukkan pada sebuah panci. Tapi ingat, masukkan hanya 3 persen minyak kelapa saja dari berat beras yang akan dinanak atau sekitar satu sendok teh untuk setengah gelas beras. 

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!

"Setelah semua siap, kita biarkan dingin di kulkas sekitar 12 jam," kata peneliti dan mahasiswa ilmu kimia dari College of Chemical Science Sri Lanka, Sudhair James, dilansir laman Science Alert, Senin 15 Oktober 2018. 

Untuk menyantapnya, kamu tinggal panaskan di microwave. 

Terpopuler: Hukum Memberikan Hadiah untuk Anak Agar Puasa sampai Janin yang Tiba-tiba Hilang

Cara mudah itu ternyata memasukkan sejumlah kimia makanan. Intinya tidak semua pati, zat yang terkandung dalam berat, diciptakan sama. 

Ada dua jenis utama yaitu pati yang bisa dicerna, bisa mengubah menjadi glukosa dan menyimpannya sebagai lemak jika tidak dibakar. Selain itu juga pati yang resisten, yang mana tidak berubah jadi glukosa sehingga memiliki kalori yang lebih rendah. 

Mereka melewati usus besar, yang mana bertindak lebih seperti serat makanan dan menyediakan semua jenis manfaat usus. Walaupun banyak jenis makanan itu, seperti kentang dan nasi, bisa dibuat resisten dengan mengubah cara masaknya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya