Dunia Siber Jangan Dihindari, Walaupun Banyak Risiko

Ilustrasi serangan hacker atau siber.
Sumber :
  • Science News

VIVA – Sebagai pengguna internet, masyarakat seharusnya lebih peduli dengan keamanan mereka di dunia maya. Banyak risiko yang mengintai selama menggunakan internet.

Harga Aset Digital Melonjak, Ini Alasan Pentingnya Memilih Platform Kripto Terpercaya bagi Pemula

“Kita harus aware (waspada) sebagai pengguna. Harus belajar apa yang terjadi. Intinya jangan menghindar. Kalau ingin aman banget, ya, enggak usah pakai (internet),” kata Peneliti Pusat Penelitian Informatika LIPI, Rifki Sadikin, di kantor LIPI, Jakarta, Senin, 4 Maret 2019.

Namun, dengan pilihan tidak menggunakan internet, ia mengatakan ada konsekuensi tidak bisa memanfaatkan hal positif yang ada di dalamnya. Akan tetapi, Rifki mengingatkan kembali bahwa tidak semua orang di internet itu baik.

Serangan Hacker ke Perangkat Seluler Makin Ngeri, Lewat Iklan Pop-up

Dengan begitu pengguna harus berusaha mengamankan dirinya sendiri. "Buatlah password atau PIN dengan mudah, atau gampang diingat, tapi jangan pula yang terlalu mudah. Karena, sering ada berita kalau email bobol karena password-nya gampang diretas," papar Rifki.

Ia mengatakan, pengguna juga harus memiliki pendidikan keamanan siber sendiri. Jadi saat memasang aplikasi dan perangkat lunak atau software sudah tahu cara mengatur privasi.

Indonesia Diserang 50 Juta Virus, Kaspersky Colek Badan Intelijen

Selain itu Rifki mengingatkan soal kekurangan talenta matematika di dunia kriptografi. Pengetahuan ini digunakan sebagai pemecah masalah berat. Elemen pada kriptografi adalah mengotak-atik matematika yang nantinya bisa digunakan untuk masalah keamanan.

“Kriptografi itu asik. Apalagi yang suka matematika. Tapi yang perlu disadari kalau mau riset memang kita butuh talenta di bidang matematika.” (mus) 

Ilustrasi tentara siber (cyber army).

Pejabat Korsel, AS, dan Jepang Ngumpul di Washington, Bahas Ancaman Siber Korut

Pejabat dari tiga negara itu bertemu khawatir dengan pekerja TI Korut menyamar dari pekerja lokal perusahaan TI.

img_title
VIVA.co.id
30 Maret 2024