Mengenal Teknik Teror Call Spam yang Menyasar Influencer Prabowo

Ilustrasi panggilan tak diinginkan
Sumber :
  • Play Store Google

VIVA – Teror panggilan nomor asing dari luar negeri menyerang beberapa influencer politik barisan pendukung capres-cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Rocky Gerung Prediksi Megawati Berani Pilih jadi Oposisi: PDIP Selama Ini Terlalu Pragmatis

Influencer Prabowo mengaku mereka diserang bertubi-tubi oleh panggilan dari nomor asing, setelah quick count alias hitung cepat berjalan pada Rabu sore 17 April 2019. Bahkan salah satu influencer Prabowo-Sandi, Mustofa Nahrawardaya yang terus mendapat teror panggilan meski ponselnya sudah diaktifkan dalam bentuk flight mode.

Pakar teknologi informasi, Ruby Alamsyah, mengatakan teknik teror tersebut disebut call spam. Teknik ini banyak tersedia di dunia internet. 

M. Qodari Sebut Rencana Pertemuan Prabowo-Megawati Terganjal Sikap Ambigu PDIP

Ruby menuturkan, tinggal klik saja 'call spam' maka akan menemukan jasa panggilan sampah tersebut di internet. Dia mengatakan teknik teror call spam ini bisa dilakukan oleh siapa pun, sebab tool telah tersedia gratis dan bebas di internet. 

"Call spam ini salah satunya seperti yang terjadi di media sosial bisa lakukan telepon bertubi-tubi ke target dengan tool sederhana, siapa pun bisa (lakukan). Tidak diperlukan akses ke operator, murni bisa dilakukan yang punya akses tool ke call spam," ujar pria yang merupakan Pendiri, Kepala Eksekutif dan Chief Digital Forensic PT Digital Forensic Indonesia (DFI) itu kepada VIVA, Kamis, 18 April 2019. 

Sowan ke Sejumlah Elite Politik, Pengamat: Prabowo Tunjukkan Sikap Kenegarawanan

Ruby mengatakan, penyedia layanan call spam bot di internet memang menyediakan server nomor luar negeri misalnya nomor Amerika dan itu tersedia dengan cuma-cuma alias gratis. 

"Dengan bikin tool sendiri dan resource sendiri. Di internet itu malah banyak tawaran buat call spam bot yang lebih profesional dan masif," tuturnya. 

Ruby menegaskan, dalam kondisi flight mode, seharusnya secara teknis tidak memungkinkan pengguna bisa menerima panggilan dari nomor GSM atau kartu SIM. Makanya dia heran dengan informasi ponsel sudah dalam mode flight tapi kenapa panggilan masih bisa menembus ke ponsel. 

Menurutnya, dalam hal ponsel pada kondisi flight mode, panggilan telepon bisa muncul jika perangkat terhubung dengan internet secara nirkabel. 

"Flight mode bisa aktifkan wireless. Flight mode bisa terkoneksi dengan internet base, maka bisa nyala (panggilan). Kalau yang dimaksud call nomor GSM, secara logika enggak mungkin. Kalau WhatsApp call, Skype itu pasti bisa. Kalau flight mode enggak mungkin kartu SIM, itu tak bisa dihubungi. Apalagi jika pakai feature phone itu jelas tak ada fungsi flight mode," tuturnya. 

Dalam sebuah testimoni yang direkam video dan beredar viral, salah satu influencer kubu pasangan calon nomor urut 02, Mustofa Nahrawardaya mengungkapkan beberapa tokoh di kubunya mendapat teror panggilan nomor asing dari luar negeri. 

Mustofa mengaku mendapat teror panggilan dari nomor yang berasal dari negara bagian di Amerika Serikat. Teror panggilan tersebut menyerang ponselnya dan para influencer kubu 02. Mustofa sampai harus mengaktifkan flight mode ponselnya, namun tetap saja teror panggilan terus menerus terjadi. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya