Tips Startup Tangguh Ala Bubu.com

Ilustrasi startup.
Sumber :
  • www.pixabay.com/geralt

VIVA.co.id – Chief Executive Officer dan Founder Bubu.com, Shinta Witoyo Dhanuwardoyo mengatakan, menjadi startup yang tangguh tidak hanya bagus dalam pengembangan produk, namun harus bermental wirausahawan sejati.

Penipu Makin Jago, GoFood Kian Peduli Keamanan Data Pribadi

"Dia itu orang memiliki mental risk taker dan tak mudah menyerah. Karena, jadi entrepreneur itu tidak mudah," ungkapnya kepada VIVA.co.id, Kamis 28 September 2017.

Shinta tidak menampik akan 'jatuh cinta' dengan produk buatan startup. Akan tetapi, Shinta menuturkan, pada akhirnya ia melalui Bubu.com akan berinvestasi pada kemampuan sumber daya manusia (SDM).

Nilai Bisnis juga Tidak Kalah Penting di Era Digital

"Kita tidak main-main investasi di human capital. Kalau produk tidak laku di pasaran, ya sudah. Tapi tidak dengan SDM. Mereka akan terus berkreasi dan berinovasi," papar Shinta.

Pencarian startup tak hanya dilakukan oleh kalangan pegiat ekonomi kreatif. Pemerintah juga punya program bagi startup lokal.

Japan-Indonesia Innovation Summit 2022 Wadah Global Startup Lokal

Kementerian Komunikasi dan Informatika pada akhir 2015 mengumumkan proyek pengembangan startup lokal. Kementerian yang dipimpin oleh Rudiantara berambisi melahirkan seribu startup berkualitas nanti pada 2020 atau lima tahun ke depan. 

Gagasan seribu startup makin menggelinding setelah Rudiantara pulang kunjungan dari Silicon Valley, markas perusahaan teknologi dunia di Amerika Serikat akhir Oktober 2015. Dari sana, Rudiantara bersama delegasi startup mengaku belajar bagaimana memperkuat ekosistem startup

Ambisi itu memang tak mudah. Apalagi kalau soal sumber dana untuk melahirkan seribu startup tersebut. Rudiantara sudah melontarkan ia ingin mencari dana US$1 miliar untuk melahirkan proyek seribu startup tersebut. 

Untuk menciptakan seribu teknoprenur itu, Kominfo kala itu berencana untuk menyediakan dana. Alokasi dana untuk startup itu diharapkan dapat menjadi pemicu semangat pertumbuhan startup di Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya