Jawaban Kocak Badan Siber soal Password Terkuat

Logo Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).
Sumber :
  • BSSN.go.id

VIVA – Badan Siber dan Sandi Negara atau BSSN kini makin aktif di media sosial untuk memberikan edukasi seputar keamanan siber dan berinternet. 

BSSN: Ada 1,6 Miliar Serangan Siber Sepanjang 2021

Terbaru, akun BSSN tak bosan-bosannya mengingatkan pengguna media sosial dan internet untuk teliti dan cermat dalam menggunakan password

Dikutip Rabu 17 Januari 2018, admin BSSN menyarankan, sebaiknya pengguna internet memakai password yang mudah diingat tapi sulit ditebak. Admin tersebut menuliskan cara paling aman menyimpan password adalah di ingatan pengguna. Admin itu juga mengimbau ke pengguna untuk secara rutin mengganti password.

BSSN Buka Suara soal Kebocoran Data di Deep Web

Untuk pengelolaan password, admin BSSN itu tidak merekomendasikan penggunaan password manager (PM). Mengingat banyak akun di internet, ada beberapa pengguna yang menggunakan PM untuk memudahkan akses masuk ke akun. 

Menurut akun BSSN, pemakaian PM memang memberikan kemudahan, cukup satu password untuk semua aplikasi. Namun akun ini mengingatkan tidak ada sistem yang benar-benar aman. Pilihan yang paling baik menurut akun ini adalah menyimpan password dalam ingatan. 

BSSN Diretas Hacker Brasil, Ada Unsur Balas Dendam?

Admin tersebut mengingatkan pengelolaan password itu layaknya sikat gigi, yakni menggantinya secara berkala, jangan berbagi dengan orang lain dan pilih password yang terbaik. 

Cara berkomunikasi admin BSSN dengan Siberman, sebutan untuk follower akun BSSN, juga cukup menarik. Admin BSSN beberapa kali menjawab pertanyaan Siberman dengan serius tapi mengena. 

Misalnya saat pengguna Twitter menanyakan bagaimana jika menggunakan password dengan tanggal lahir, apakah riskan atau tidak. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya