Tampilan Samsung Galaxy X, Smartphone Layar Lipat Transparan

Antrean Konsumen pada Penjualan Perdana Samsung Galaxy A8 dan A8+
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Vendor smartphone Korea Selatan, Samsung, semakin berani menampilkan Galaxy X, smartphone layar lipat dan transparan ini.

Mungkinkah Ada Ponsel Lipat Murah Meriah, Samsung Cuma Jawab Begini

Mengenai desain, Galaxy X merupakan smartphone pertama Samsung yang bisa dilipat secara horizontal dengan kelengkungan 1.0R. 

Artinya, seperti dikutip situs Express, Sabtu, 5 Mei 2018, panel tersebut bisa dilipat dengan posisi ke dalam seperti kertas. 

Ada yang Berubah dari Samsung Galaxy Z Fold 2

Paten baru ini mengungkapkan cara baru menggunakan smartphone lipat layar lebar tersebut. Caranya membuka dan menutupnya seperti buku.

Harga Samsung Galaxy Z Fold 2 di Indonesia Ngeri-ngeri Sedap

Kemudian, tata letak yang lebih luas ini ideal untuk menonton film dengan layar penuh minus bilah atau sekat hitam atas dan bawah.

Bahkan, beberapa sumber mengatakan tampilan fleksibel akan melipat ke dalam seperti sebuah buku, mengurangi separuh jejak fisik dari lempeng 7,3 inchi.

Saat layar dibentangkan, Galaxy X akan lebih tinggi dari Galaxy S8 dan Galaxy Note 8 dan pemilik Galaxy X akan bisa menggunakan perangkat sebagai ponsel.

Ketika dilipat, maka fungsinya akan lebih seperti tablet dan masih ada layar yang mudah untuk diakses. Smartphone ini nampak memiliki engsel di tengah dan dua layar di atas dan di bawahnya.

Ilustrasi smartphone layar lipat.

Samsung juga telah mengembangkan fitur perangkat lunak multi-jendela yang memastikan konten dapat muat di kedua layar atau di layar tanpa terdistorsi.

Sejauh ini, banyak orang berpendapat bahwa Samsung akan menggunakan berbagai material plastik untuk memproduksi layar lipat tersebut.

Tak hanya bisa dilipat, Galaxy X juga merupakan smartphone transparan dengan layar yang tembus pandang. Layar smartphone tembus pandang ini artinya tampilan, termasuk kamera, dapat menampilkan data melalui obyek dunia nyata.

Mengenai teknologi transparan, Samsung sudah memiliki pengalaman dengan televisi transparan yang diluncurkan pada 2015, sehingga diperkirakan tidak akan menjadi kendala untuk "memindahkan" teknologi ke Galaxy X.

Galaxy X sudah mengantongi sertifikat dari Bluetooth SIG dan Badan Radio Nasional Korea Selatan. Kabar berhembus, smartphone dengan model nomor SM-G888N0 itu juga telah menerima sertifikat WiFi dari WiFi Alliance.

Samsung diperkirakan akan meluncurkan smartphone Galaxy X tahun depan. Ini juga diharapkan menjadi awal kategori baru ponsel karena produsen lain seperti Google dan Apple juga merilis versi ponsel lipat mereka. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya