Huawei P20 Pro, Kekuatan 3 Kamera Plus Leica

Huawei memperkenalkan P20 Pro
Sumber :
  • Dokumen Huawei

VIVA – Nama Leica selalu menjadi andalan untuk sebuah kamera terbaik. Sensor inilah yang selalu dihadirkan oleh Huawei, seperti kehadiran P10 Plus. Memang cukup berbeda dari segi display dan spesifikasi. Tidak heran jika harga P20 Pro lebih mahal dari P10 Plus.

THR Cair! Yuk Simak Daftar Hp Realme Terbaru Harga 2 Jutaan untuk Meriahkan Lebaranmu

Spesifikasi yang lumayan canggih harus dibayal dengan harga mahal. Seperti istilah 'ada harga, ada rupa'. Setidaknya ada 3 hal yang perlu diingat terkait dengan P20 Pro ini. Selain mengusung desain notch, ada tiga kamera, ditambah dengan sensor kamera kelas atas besutan Leica.

Desain yang keren

3 Hal yang Perlu Diketahui dari Realme 12 5G

Triple kamera dan sensor Leica merupakan kunci dari promosi yang dihadirkan Huawei untuk P20 Pro. Namun dari sisi desain, notch mendapatkan perhatian yang cukup besar. Pasalnya, ukuran notch tidak terlalu lebar seperti iPhone X. Di bawahnya disematkan juga tombol home dengan ukuran yang hampir sama dengan notch, sehingga terlihat cukup artistik. Tombol home ini juga dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk keamanan smartphone.

Fungsi tambahan untuk tombol home beberapa di antaranya, bisa langsung menuju tampilan layar depan jika ditekan agak lama, Jika digeser ke kiri maka akan muncul aplikasi-aplikasi yang baru saja dibuka.

BMW Indonesia Hadirkan Sedan Listrik untuk Para Pebisnis

Notch di atas layar dipenuhi dengan kamera depan dan sebuah lampu flash. Sedangkan triple kamera terletak di bagian belakang, dilengkapi juga dengan lampu flash. Di bagian belakang ini nama Huawei dan Leica tercetak besar-besar untuk memberikan penegasan adanya perpaduan kedua teknologi tersebut di dalam smartphone ini.

Di sisi kanan terdapat tombol volume yang terpisah dengan tombol aktivasi smartphone. Sedangkan di sisi seberangnya, terdapat slot sim card. Di bagian bawah terdapat port untuk kabel charger yang diapit oleh 10 lubang speaker yang terbagi dua. P20 Pro menggunakan USB charging Type-C, hampir sama dengan smartphone-smartphone keluaran Samsung. Di bagian atas, sudah pasti ada port untuk headphone.

Perubahan terbesar yang terjadi di P20 Pro dari P10 Plus adalah penampilan fisik, terutama layar dengan ukuran 6,2 inci. Teknologi layarnya mengusung OLED dengan resolusi 2240 x 1080 menghadirkan level kontras yang tidak terkalahkan. Layarnya cukup terang dan jernih.

Bodi depan dilapisi dengan curve glass dan sisi yang dilapisi materi krom. Bagian belakang juga memiliki materi yang memantulkan cahaya sehingga warna bodi tampak memiliki gradiasi yang cukup keren, bahkan cenderung mewah. Tak disangka, Huawei P20 Pro sudah mengantongi sertifikasi IP67, yang artinya tahan air dan debu.

Baterai dan performa

P20 Pro dipersenjatai dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Saat diuji coba, dengan terang layar yang maksimal, smartphone ini bisa bertahan sampai tiga hari penuh dalam kondisi standby. Saat digunakan menonton video atau melakukan aktivitas lain, baterai bisa menipis dalam kurun 20 jam.

Sangat jarang P20 Pro mengalami lagging. Kemungkinan karena di dalamnya dipersenjatai juga dengan octa-core HiSilicon Kirin 970 chip 2.4GHz. Belum lagi RAM sebesar 6GB dan tambahan 128GB storage. Kapasitas sebesar itu dirasa cukup sehingga Huawei tidak merasa perlu untuk menambahkan slot microSD lagi. Diperkuat dengan chipset Kirin 970 dan antarmuka EMUI 8.1 berbasis Android 8.1. EMUI 8.1 sudah dikustomisasi sepenuhnya dengan dukungan AI, termasuk membawa fitur Huawei Share 2.0 supaya pengguna dapat dengan mudah berbagi file dengan pengguna Huawei lain, juga berbagi dengan perangkat PC dan Mac.

P20 Pro mampu mengalahkan Google Pixel 2 XL saat diuji performanya menggunakan Geekbench 4. Hasilnya, performa CPU bernilai 1919. 

Kamera

Konfigurasi kamera terdiri dari sensor 40MP RGB dengan aperture f / 1.8 yang dilengkapi fitur Phase Detection Auto-Focus (PDAF) untuk menghadirkan ketajaman gambar tak tertandingi, melengkapi, dan mengkurasi ketajaman warna, fokus dan kontras yang menakjubkan pada setiap foto yang direkam. Kemudian ada sensor monokrom 20MP dengan aperture f / 1.6, serta sensor 8MP yang disertai lensa telephoto dan aperture f / 2.4. Smartphone ini juga mengutisilisasi warna-warna baru dan eksklusif dari Leica dengan sensor ISPs dan temperatur warna yang didedikasikan, agar lebih baik dalam mengenali obyek yang sedang direkam dan secara otomatis melakukan penyeimbangan warna pada foto Anda.  

Kamera Leica Huawei P20 dan P20 Pro.Kamera di smartphone ini juga dilengkapi dengan sensor tipe 1/1.7 terbaru yang terbaik di industri, yang fungsinya untuk menangani fotografi pada pencahayaan rendah atau pada malam hari. Dikombinasikan dengan sensitivitas tinggi berkat ISO yang bisa disetel sampai 102400, setara dengan kamera profesional. Hasilnya adalah foto-foto yang cantik, jernih, dan terang, pada saat pencahayaan minimal atau pada malam hari. Huawei P20 Pro juga hadir dengan lensa terbaru VARIO-SUMMILUX dari Leica dengan kemampuan perbesaran alias zoom 3x untuk merekam foto dari jarak jauh dengan lebih mendetail. Smartphone ini juga bisa melakukan 5x hybrid zoom dan 10x digital zoom.

Huawei P20 Pro memiliki kamera depan yang bisa menghasilkan foto selfie yang natural dan mantap. Kamera depan ini memakai sensor 24MP dan aperture f/2.0, dilengkapi pula dengan teknologi modeling wajah 3D yang ditenagai teknologi AI, sehingga ia bisa mengikuti kontur wajah Anda dan melakukan penyesuaian untuk menghasilkan foto selfie yang menakjubkan. Dilengkapi dengan fitur 3DPortrait Lighting untuk menghasilkan efek pencahayaan berkualitas studio, dan hasilnya adalah foto selfie yang cantik dengan tone kulit yang sehat, detail wajah yang halus, dan fitur pengayaan 3D yang realistik.

Ada sedikit bantuan AI juga di kamera ini untuk stabilisasi gambar. Huawei AIS (AI Image Stabilization), yang membuat smartphone ini lebih stabil pada pemotretan malam hari dan menghasilkan foto yang betul-betul luar biasa bahkan tanpa tripod. Fitur ini akan membantu saat merekam video, yang sudah mendukung stabilisasi six-axis dan slow-motion, dari 120fps sampai 960fps, untuk menghasilkan video yang jernih, mendetail, dan super lambat.

Lainnya

P20 Pro juga punya fitur proyeksi yang mudah, sehingga sangat mudah menghubungkan smartphone ini secara nirkabel ke layar yang lebih besar, cukup plug and play kabel type-C ke HDMI. Smartphone ini akan bertindak sebagai touch pad, sementara layarnya pindah ke layar yang lebih besar. Fungsi Smart Screen secara cerdas akan menampilkan antarmuka terpisah untuk menjalankan dua aplikasi bersamaan.  

Huawei P20 Pro dilengkapi dengan konektivitas Bluetooth dengan bandwith 990kbps untuk mendukung file yang beresolusi tinggi. Huawei P20 Pro juga memiliki fitur HUAWEI SuperCharge bersertifikasi TÜV Safety dan baterai 4000 mAh plus Battery Management, yang juga ditenagai oleh teknologi AI. Dengan Huawei SuperCharge dan baterai besar 4000 mAh, baterai smartphone ini bisa diisi ulang dengan cepat dengan kenyamanan maksimum.
 
Kualitas suara diperkuat oleh Dolby Atmos untuk menghasilkan sound sinematik yang akurat dan mengesankan. Fitur canggih ini akan menghasilkan hiburan kelas dunia di telinga pendengarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya