Tips Pilih Smartphone dengan Kamera Terbaik

ilustrasi kamera ponsel
Sumber :
  • www.pixabay.com/Pexels

VIVA – Bagi masyarakat awam, memilih ponsel dengan kamera terbaik bisa menjadi tantangan tersendiri. Umumnya, sebelum memboyong merek ponsel tertentu dari toko, orang akan mempertimbangkan besaran megapiksel pada kamera.

Pendingin Udara Ini Bisa Mendeteksi Pergerakan Manusia

Apalagi sekarang memang era di mana hasil foto Instagramable seolah menjadi salah satu penentu 'kebahagiaan hidup'. Lantas, apakah ukuran megapiksel pada kamera ponsel adalah penentu hasil bidikan berkualitas?

Selain itu, faktor apa sajakah yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kamera ponsel terbaik? Mari kita cek, berdasarkan ulasan dari Expert Review.

Akan Ada 2 HP Baru yang Meluncur Abis Lebaran

1. Megapiksel bukanlah segalanya
Seperti disinggung di awal, megapiksel sebenarnya bukan indikasi secara de facto tentang apakah kamera smartphone bagus atau tidak.

Besaran megapiksel yang tinggi mungkin terlihat memiliki nilai lebih, tapi hal paling mendasar sebenarnya bermuara pada teknologi di dalam ponsel itu sendiri.

Harga Emas Hari Ini 22 April 2024: Produk Global dan Antam Kompak Merosot

2. Bukaan adalah kunci penting
Bukaan disebut juga dengan aperture, ditunjukkan dengan huruf ‘f /’ dan angka di belakangnya. Kalau belum terbiasa dengan istilah fotografi, istilah ini mungkin membingungkan.

Bukaan menyatakan banyak hal tentang kemampuan kamera 'bekerja sama' dengan cahaya dalam membidik obyek. Misalnya, aperture f/1.4 lebih besar ketimbang f/2.0, yang berarti bahwa kamera akan membawa lebih banyak cahaya sehingga menyajikan potensi yang makin besar untuk detail.

3. Jangan abaikan ukuran piksel dan sensor
Meski ukuran piksel bukan segalanya, tapi peran pentingnya tak dapat diremehkan untuk hasil foto berkualitas.

Dengan kata lain, ukuran piksel menentukan mutu gambar. Tidak seperti aperture, semakin besar ukuran piksel, semakin memungkinkan lebih banyak cahaya masuk, dan performa kamera tetap berfungsi di situasi cahaya rendah.

Sedangkan sensor yang besar, menghasilkan jangkauan dinamis yang lebih baik dan mengurangi gangguan visual.

Dalam artikel tersebut, Expert Review menyebut jika dari sekian banyak smartphone berkamera, hanya satu nama yang bisa memiliki semua kemampuan itu. Smartphone dengan kamera terbaik menurut Expert Review adalah Samsung Galaxy S9.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya