Logo WARTAEKONOMI

Buruan Jual, Setelah 10 September Harga iPhone Lama 'Terjun'

Setelah 10 September, Harga iPhone Lama akan Semakin Murah. (FOTO: apple.com)
Setelah 10 September, Harga iPhone Lama akan Semakin Murah. (FOTO: apple.com)
Sumber :
  • wartaekonomi

Perangkat terbaru akan lahir pada 10 September, hal itu diproyeksikan akan menurunkan harga jual iPhone lama hingga 30%.

Hal itu diprediksi oleh platform jual beli ponsel bekas berbasis iOS dan Android Decluttr melalui sebuah riset. Berdasarkan data dari riset itu, nilai perangkat iPhone diprediksi menurun hingga 40%, sebulan setelah itu dirilis. 

"Setelah 30 hari, perangkatnya kehilangan nilai 1% tiap bulannya," ujar Decluttr dalam laporannya, dilansir dari Phone Arena, Jumat (6/9/2019).

Misalnya perangkat yang kehilangan nilai hingga 49% selama 11 bulan, membuat harga jualnya hanya mencapai US$512 (sekitar Rp7,2 juta) saat ini. Ditambah dengan rencana Apple untuk merilis jajaran perangkat 2019-nya beberapa hari lagi, nilai harga jual iPhone lama diperkirakan menurun hingga 30%.

Decluttr menjelaskan, "Apapun merek ponsel yang Anda miliki, riset kami menunjukkan, Anda perlu menjualnya secepat mungkin jika ingin mendapatkan harga penjualan (ulang) terbaik. Semakin lama Anda menundanya, semakin besar juga penurunan harga ponselnya."

Merek lainnya, seperti Galaxy S10 dan Galaxy S10+ telah kehilangan nilai harga jual masing-masing 57?n 52% selama enam bulan.

Sementara, 3 XL telah terdepresiasi hingga 58lam kurun waktu yang sama. Perangkat itu dijual US$900 pada peluncurannya, tapi sekarang hanya bisa ditawarkan dengan harga US$300.