REVIEW: Router Huawei WS332 dan Huawei WS330

Huawei WS332
Sumber :
  • amazon.com
VIVAnews -
Sejarah Tercipta Thomas Cup dan Uber Cup, Sempat Tertunda Gegara Perang Dunia II
Trafik Internet dari perumahan terus bertumbuh seiring meluasnya kebutuhan manusia akan akses ke jagat maya. Internet bukan lagi semata untuk menunjang kebutuhan bisnis, melainkan jadi kebutuhan dasar yang dipakai sehari-hari.

Kasus Uang Tutup Mulut Donald Trump Seret Nama Karen McDougal, Siapa Dia?

Di lingkungan perumahan, akses Internet umumnya didapat dari penyedia jaringan fiber optik, meski ada beberapa yang masih menggunakan akses Internet nirkabel atau mengandalkan jaringan operator seluler.
Kemungkinan yang Bakal Terjadi Kalau Indonesia tak Dijajah


Namun, untuk efisiensi, tiap rumah biasanya mempunyai satu perangkat router untuk menyebar akses Wi-Fi ke seisi rumah dan sekitarnya. Beberapa nama besar seperti Cisco, TP Link, D-link, dan Linksys mungkin sederet merek yang familiar dan kerap menjadi pilihan perangkat router.

Namun, kini raksasa perusahaan teknologi asal China, Huawei, juga mengincar 'kue' pasar ini. Baru-baru ini, Huawei merilis router multifungsi WS322 dan router WS330. VIVAnews berkesempatan menjajal keduanya. Seperti apa performa kedua router anyar itu? Berikut ulasannya.

Huawei WS322


 


Router Huawei satu ini perangkat yang tepat untuk pengguna Internet dengan mobilitas tinggi. Bentuknya yang pipih, mungil dan praktis, cocok digunakan di mana saja, terutama bila pengguna sedang menginap selama beberapa hari di hotel. Router ini bisa juga mendukung akses Wi-Fi di restoran, kantor, atau kafe.


Tinggal colok ke sambungan listrik dan pasangkan kabel Internet, alat ini langsung menjelma jadi perangkat router andalan, menyebar akses Wi-Fi ke seluruh kamar.


Menariknya lagi, WS322 tidak hanya bisa berfungsi sebagai router, namun juga repeater alias penguat sinyal Wi-Fi. Jadi, jika sinyal Wi-Fi di tempat Anda berada lemah, kekuatan sinyal bisa ditingkatkan. Cukup ikuti langkah-langkah instalasinya di website Huawei.


Alat ini bisa meladeni lima perangkat sekaligus. Saat diuji coba
VIVAnews,
sinyal dari router ini masih kencang walau harus menyambungkan Internet untuk lima perangkat dalam waktu bersamaan: dua laptop, satu tablet, dan dua ponsel pintar.


Dari segi material, router Huawei ini tampak kuat dan ringkas. Dalam keadaan terus menyala selama hampir 24 jam, router ini tidak panas dan masih bekerja optimal. Sinyal Wi-Fi masih kencang walau gadget yang digunakan untuk akses Internet berada lima meter lebih.


Namun, seperti router pada umumnya, perangkat ini masih kurang
user-friendly.
Pengguna harus mendaftar terlebih dahulu ke website resmi Huawei untuk instalasi awal.


Bila tidak cermat membaca lembar petunjuk penggunaan, yang hurufnya sangat kecil, pengguna akan kesulitan menemukan login dan kata sandi
(password)
yang diprasyaratkan untuk instalasi awal.


Huawei WS322 merupakan wireless range extender dengan kecepatan transmit data maksimal 300 Mbps. Mendukung konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n melalui port Ethernet RJ-45 10/100 Mbps, Huawei WS322 hadir dengan dimensi yang ringkas, tidak seperti router pada umumnya yang berukuran besar disertai dua antena.


Huawei WS322 mempunyai dua antena internal yang dibenamkan di dalam perangkat. Bentuknya seperti staker listrik berukuran 7x7 cm dengan bobot kurang dari 200 gram.


Huawei WS330


 


Dari segi desain, router Huawei yang satu ini mungkin terlihat standar. Lebar dan pipih, dilengkapi lampu LED dan dua antena. Namun, kecepatan transmit datanya cepat bukan main, sama seperti WS322, yakni maksimal 300 Mbps.


Huawei WS330 merupakan Smart Wireless Router yang mendukung akses Wi-Fi 802.11 b/g/n, berbalut warna hitam, berdimensi 20 x 12 sentimeter, dan berbobot 0,5 kilogram. Bentuknya yang tipis dan ringan membuat WS330 bisa diletakkan di mana saja, bahkan disangkutkan di dinding. Sangat fleksibel.


Seperti router pada umumnya, Huawei WS330 dibekali lima port Ethernet 10/100 Mbps RJ-45, di mana satu port dijadikan port utama untuk menancapkan akses data berbasis LAN cable.


Di dalam dus pembelian, pengguna akan mendapatkan kabel LAN, adaptor, kartu garansi, beserta panduan untuk menggunakan perangkat.


Mirip dengan Huawei WS332, untuk menginstalasi perangkat pertama kali, pengguna harus mengunjungi website Huawei terlebih dahulu. Di website itu, pengguna bisa memasangkan password untuk router, mengganti nama router, membatasi jumlah user, dan sebagainya. Tak perlu khawatir, instalasi ini boleh dibilang mudah dan cepat. Tidak sampai sepuluh menit.


Selama diuji lima hari berturut-turut, Huawei WS330 tidak menemui kendala. Perangkat tetap dingin. Akses Internet berjalan sangat stabil, jarang terputus. Kekuatan sinyal juga teruji. Akses Wi-Fi bisa dijangkau sampai jarak 15-20 meter. Lebih dari cukup untuk sebuah rumah berlantai dua.


Untuk perangkat WS322, Huawei membanderolnya dengan kisaran harga Rp399 ribu, sedangkan untuk WS330 sekitar Rp369 ribu.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya