Lenovo Z40-72 Laptop Game Tipis Prosesor Kaveri

Lenovo Z40
Sumber :
  • Lenovo Shop
VIVA.co.id
Ini Smartphone Berteknologi Virtual Reality Pertama di Dunia
- Kebutuhan laptop untuk game meningkat seiring dengan semakin tumbuhnya industri game di Indonesia. Sayangnya tidak banyak laptop game dengan ukuran tipis karena syarat laptop harus menyematkan pemutar DVD RW di dalamnya.

Xenom Hercules, Laptop Game Pertama dengan Intel Skylake

Lenovo mencoba menjawab tantangan ini lewat Z40-72, laptop umum yang bisa digunakan untuk segala macam situasi, baik untuk pekerja kantoran, mahasiswa maupun para pemain game. Hal ini dikarenakan Lenovo Z40-72 dipersenjatai prosesor APU AMD A10-7300. Ini merupakan prosesor generasi Kaveri yang di dalamnya sudah terdapat kartu grafis Radeon R6M255DX.
ThinkPad P40 Yoga, Laptop 'Penolong' Desainer


APU sendiri merupakan teknologi yang hanya dimiliki oleh AMD. Dengan APU, laptop sudah memiliki prosesor sekaligus pengolah grafis. Selain itu, generasi Kaveri adalah teknologi terbaru yang menggunakan arsitektur baru yang bernama Steamroller.


Arsitektur ini memiliki jumlah core sebanyak 10 Computer Core, dengan rincian 4 Core CPU dan 6 Core GPU dalam satu rangkaian. Rangkaian ini oleh teknologi HSA (Heterogeneous System Architecture) yang ada pada Kaveri, memungkinkan laptop bekerja berkesinambungan dan cerdas dalam membagi beban kerja sehingga lebih efisien.


Desainnya cukup ringan dengan bobot sekitar 2,4 kg dan ketebalan kurang dari 1 cm. Lenovo Z40-72 juga dilengkapi slot USB 3,0, dua port USB 2,0, port VGA dan HDMI, slot untuk SD Card dan colokan 3,5 mm serta lubang RJ45. Untuk kualitas suara, laptop ini dilengkapi teknologi audio Dolby Home Theatre.


Didukung layar 14 inchi dengan resolusi 1366x768, Z40 memiliki panel TN dan glossy surface, serta rasio 16:9, walaupun bukan touch screen tetapi layarnya cukup mengakomodir kebutuhan bekerja dan bermain.

Kebutuhan bekerja dibuat nyaman dengan AccuType keyboard walaupun papan keyboard ini tidak dilengkapi backlight. Lenovo Z40-72 didukung RAM 4GB dan ruang penyimpanan 1 TB.


Uji kelayakan untuk bekerja dibuktikan oleh hasil benchmark melalui PCMark8. Hasil uji work accelerated, mendapat nilai 3523. Simulasi yang dilakukan, seperti browsing untuk media sosial, belanja online, hingga membuat serta mengedit dokumen, termasuk video chatting bisa dilakukan dengan baik.

 

APU AMD A10-7300 yang terintegrasi dengan Radeon R6 M255DX memiliki banyak kemampuan. Itu didukung dengan hasil pengujian Sky Diver dari 3DMark yang ditujukan untuk mengukur laptop gaming. Pengujian mendapat skor 2144, cukup baik untuk laptop gaming kelas menengah.


Saat menjalankan game, chip grafis yang memiliki arsitektur GCN (Graphics Core Next) dengan teknologi Mantle-nya membuat lebih responsif. Grafis laptop ini juga mendukung DirectX 11.2 yang layak dieksplorasi untuk berbagai game.![vivamore="
Baca Juga
:"]



[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya