Oprek Huawei Nova2i, Empat Kamera untuk Selfie Maksimal

Huawei Nova 2i
Sumber :
  • Viva.co.id/Sarie

VIVA – Dual kamera di bagian depan, sudah biasa. Dual kamera di belakang, mungkin juga sudah biasa. Huawei mencoba memberikan hal yang luar biasa dengan memadukan dual kamera di bagian depan dan belakangnya. Ya, empat kamera sekaligus di satu smartphone.

Laptop yang Bisa Menangkap Sinyal WiFi Ratusan Meter Dijual di Indonesia

Empat kamera merupakan satu hal yang cukup menarik perhatian pengguna, apalagi bagi mereka yang mengaku sebagai penggemar selfie. Dua kamera di bagian depan berarti hasil yang maksimal saat selfie, sedangkan dua kamera di belakang berarti hasil yang lebih memuaskan dan jernih saat menggunakan kamera utama.

Di bagian depan, kedua kamera masing-masing memiliki resolusi 13 megapiksel dan  2 megapiksel. Sedangkan di bagian belakang memiliki resolusi 16 megapiksel dan 2 megapiksel. Untuk urusan dua kamera, Huawei memang telah memberikan pembuktian hasil yang ciamik saat mengeluarkan seri P.

Menuju IKN Cerdas: BSSN-Huawei TechDay 2024 Perkuat Ekosistem Digital Indonesia

Kali ini, lewat Nova 2i, hasilnya bisa dikatakan hampir mendekati, tentunya bisa mengambil gambar dengan warna yang akurat, termasuk penggunaan depth of field untuk menghasilkan gambar fokus.

Saat membandingkan dengan kamera Vivo V7 yang beresolusi 24 megapiksel, terbukti Huawei Nova 2i bisa menghasilkan gambar dengan warna yang lebih sesuai dengan aslinya. Bahkan detil dalam foto bisa ditangkap dengan jelas berkat kedua sensor yang mereka gunakan. 

Debut Huawei MatePad 11.5 PaperMatte Edition di Indonesia

Nova 2i memang fokus pada hasil foto selfie. Di sini juga ada efek Bokeh dan Beauty Mode, sampai Wide Angle dan Panorama, semua ada di sini untuk mendukung kebutuhan selfie penggunanya. Seperti biasa, performa foto di siang hari sangat baik, namun untuk malam hari atau kondisi rendah cahaya, hasilnya masih lebih baik dibanding smartphone lain. Kontrasnya masih terlihat dan reproduksi warnanya masih stabil dan jelas. 

Ini tentu saja hadir dengan penurunan ISO dan kecepatan rana yang lebih lama dibandingkan mode otomatis, dimana kamera meningkatkan ISO untuk mengkompensasi kecepatan rana yang lebih cepat. Potret blur bisa menghasilkan foto yang memuaskan jika memotret wajah. Namun jika obyek lain, dibutuhkan bantuan penyesuaian untuk efek blur yang lebih natural.

Huawei Nova 2i

Hasil foto kala malam bisa sedikit terlihat tak terlalu natural, namun hasilnya akan cukup bagus jika menggunakan mode Pro, ditambah bantuan tripod dan pengaturan kecepatan rana yang lebih panjang. Kualitas foto akan ada di atas rata-rata jika dalam mode otomatis dalam kondisi pencahayaan yang layak.

Untuk mengambil video, ova 2i bisa mengambil konten bergerak format 4 dengan kecepatan 30 frame per second (fps).

Desain dan Layar

Nova 2i bisa dibilang merupakan smartphone mid range dengan bodi kelas atas. Harganya memang tidak lebih dari Rp4 juta namun pengguna materi bodi metal dan 2,5D curved glass membuat Nova 2i lebih trendi dan memiliki kesan pertama yang cukup memikat karena terkesan premium. Bodi metalnya juga memungkinkan sensor fingerprint diletakkan di belakang, sehingga layar tetap licin dan bebas jejak sidik jari.

Layar yang digunakan berukuran 5,9 inci yang muat di atas bentuk berukuran 5,5 inci. Bisa dibilang ini merupakan ukuran phablet ketimbang smartphone namun masih muat dalam genggaman. Teknologi layar yang digunakan adalah FHD+ Full View dengan aspek rasio 18:9

Dapur Pacu

Huawei Nova 2i dibekali dengan sistem operasi Android 7.0 Nougat yang dikostumisasi menjadi EMUI 5.1. Dengan ini, tampilan layar depan bisa diatur menjadi dua gaya. Satu gaya bisa memunculkan semua aplikasi di satu layar depan (mirip iPhone), atau menyembunyikanya dalam sebuah pop-up tipikal gaya Android. Ini artinya, pengguna bisa memilih sendiri, apllikasi mana yang ingin ditempatkan di layar Home.

Smartphone dengan empat kamera ini dipersenjatai dengan prosesor Kirin 659. Tidak heran jika mereka bisa menempatkan RAM 4GB ke dalam Nova 2i, dan storage berukuran 64 GB. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan para pemain game, ada juga prosesor Mali-T830 yang mampu mendukung permainan apa saja di smartphone tanpa khawatir mesin smartphone menjadi panas. Mali-T830 memang bukan chip grafis kelas atas. Namun untuk bermain game seperti Asphalt Airborne, permainan bisa cukup mulus.

Baterai yang digunakan Nova 2i memang kekinian karena tidak bisa dilepas. Menggunakan Lithium-ion berkapasitas 3340 mAh. Cukup untuk menyala standby selama dua hari. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya