Menjajal Galaxy Note 8

Smartphone Samsung.
Sumber :
  • REUTERS/Brendan McDermid

VIVA – Menghadapi persaingan pasar smartphone yang semakin kompetitif, perusahaan Samsung merilis Galaxy Note 8. Galaxy Note 8 secara global diluncurkan sejak 23 Agustus 2017 di New York, Amerika Serikat. Smartphone ini kemudian dirilis di Indonesia sebulan kemudian.

Atlet 2 Negara Ini Haram Terima Samsung Galaxy Note 8

Smartphone ini hadir dengan desain layar yang khas produk premium Samsung. Layar Galaxy Note 8 nyaris tanpa bingkai, sampai ke sisi kanan dan kirinya. 

Desain ini meneruskan dari pendahulunya yang hadir dengan layar melengkung di kedua sisinya. Dengan desain seperti itu, Galaxy Note 8 saat digenggam memang terasa berbeda, lebih terasa berat dan pakem. Hal ini lantaran material Galaxy Note 8 yang memang berbeda.

'Orang Tolol' Uji OnePlus 5T Vs Galaxy Note 8, Hasilnya

Galaxy Note 8 dengan bentangan layar 6,3 inci, teknologi Quad HD+ Super AMOLED kombinasi Infinity Display, memungkinkan pengguna nyaman dan leluasa menggunakan smartphone tersebut. Dibekali dual kamera atau kamera ganda di bagian belakang, Samsung menyematkan resolusi masing-masing 12 MP.

Samsung Galaxy Note 8 hadir dengan ROM 64 GB dan RAM 6 GB. Teknologi lainnya, dapur pacu Galaxy Note 8 ditenagai prosesor Octa Core 2,3 GHz Quad + 1.7 GHz Quad 64 bit 10 nm. Sistem operasi Android 7.1.1.

Samsung Bagi-bagi 4 Ribu Galaxy Note 8

Kapasitas baterai 3.300 mAh, autentikasi keamanan lewat accelerometer, barometer, fingerprint, gyro, geomagmetic, hall, heart rate, iris, proximity, RGB light, dan pressure sensor.

Dalam tulisan ini fokus menikmati pada fitur kamera dan S Pen yang dibawa Galaxy Note 8. 

Bixby Vision

Pada Galaxy Note 8, Samsung berusaha membuat pengguna asyik dengan kamera. Samsung menginginkan dengan kamera sekelas smartphone, namun sudah bisa menghasilkan gambar dan video sekelas kamera profesional. 

Kamera utama Galaxy Note 8 hadir dengan 12 MP dengan memanfaatkan dual lensa, wide angle dan telephoto. Kedua lensa punya teknologi Optical Image Stabilization (OIS) yang memungkinkan menangkap gambar dengan hasil yang lebih tajam dan jernih. Bahkan, dengan pencahayaan minim.

Visi Samsung untuk fungsi kamera sekelas profesional itu diterjemahkan dengan beragam fitur pada kamera.

Saat pengguna mengakses kamera Galaxy Note 8 maka akan mendapatkan beragam fitur di layar, di antaranya Bixby Vision, Fokus Live dan Stiker. 

Fitur Bixby Vision merupakan salah satu yang beda di smartphone Samsung. Bixby merupakan asisten virtual besutan Samsung. Bixby Vision ini merupakan asisten virtual pintar yang dikhususnya untuk kamera. 

Pelibatan teknologi asisten virtual ini, kamera Galaxy Note 8 bukan sekedar memotret, namun bisa 'berbicara' tentang objek yang dibidik. Dengan Bixby Vision, 'mata' Kamera Galaxy Note 8 bisa mendeteksi dibalik objek tersebut.  

Samsung ingin menunjukkan ke pengguna, kamera makin bisa lebih natural dan interaktif, bukan hanya mampu mendeteksi senyuman wajah. Namun lebih dari itu, bisa menjadi mesin pencari. 

Menggunakan Bixby Vision, kamera Galaxy Note 8 akan mengenali objek tersebut, sehingga pengguna bisa merasakan pengalaman yang berbeda. 

Layaknya berselancar di mesin pencarian,  Bixby Vision akan mendeteksi nama objek yang dibidik pengguna, hingga menampilkan informasi harga dan jenis objek tersebut. 

Dengan kemampuan ini, membidik objek melalui Galaxy Note 8, menjadi lebih asyik. Bixby bermanfaat saat pengguna ingin tahu identitas objek yang dibidik secara realtime.

Menariknya, deteksi Bixby Vision ini terdapat beberapa opsi yakni berbasis gambar, teks, terjemahan sampai tempat. Menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna, apakah ingin mendeteksi sesuai kategori objek tersebut. Pengguna tak perlu repot dengan bahasa asing, tinggal bidik objek bahasa asing dan segera Bixby Vision akan menerjemahkan teks asing tersebut. 

Bagi pengguna yang ingin iseng mendeteksi lokasi foto, bisa menggunakan opsi deteksi berbasis tempat. Pengguna bisa mengetuk ikon AR di pojok bawah, maka akan mendeteksi lokasi objek yang ada di kamera.

Bixby Vision untuk terjemahan akan terhubung dengan dukungan Google Translate, untuk kategori tempat lokasi foto akan dilacak dengan dukungan Foursquare, dan deteksi gambar akan, Bixby Vision akan melacaknya lewat dukungan Pinterest.

Galaxy Note 8

Kadang ditemukan ada beberapa objek yang belum dikenali oleh sistem Bixby Vision. Perlu dukungan cahaya yang maksimal agar deteksi Bixby Vision bisa maksimal mengidentifikasi objek.

Pengguna bisa berkreasi dengan hal yang berbeda dengan menempatkan stiker pada foto. Ada banyak ragam stiker yang tersedia, tinggal pilih saja.

Galaxy Note 8

Bokeh fleksibel

Samsung juga memberikan fitur yang digandrugi pecinta foto saat ini, yakni efek bokeh. Melalui fitur Fokus Live, pengguna bisa membuat efek bokeh jepretan foto. Fokus Live akan memfokuskan objek yang dibidik dan membuat latar belakang objek bidikan menjadi kabur. 

Untuk mendapatkan hasil efek bokeh, setidaknya pengguna perlu cermat dan teliti. Pengguna kadang butuh beberapa saat mencari momen efek bokeh yang paling sempurna. 

Pengaturan tingkat bokeh bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna, melalui paramater yang ada di Fokus Live. Penyesuaian bentang foto bokeh juga bisa disesuaikan apakah opsi wide angle atau opsi close up.

Galaxy Note 8

Galaxy Note 8

S Pen

Salah satu yang menjadi andalan dari Galaxy Note 8 adalah S Pen. Pada smartphone ini, pengguna diajak untuk berkreasi dan berpengalaman pena tanpa jari telunjuk. Banyak fitur yang disediakan pada S Pen ini. Di antaranya memo layar mati, pintasan, ikon melayang, alarm, penghemat daya, suara, getar dan lainnya. 

Pengguna bisa menulis catatan, memo atau coretan pada layar smartphone dalam keadaan mati, dengan menggunakan memo layar mati. Begitu catatan atau memo dibuat, pengguna bisa fleksibel menyimpan, membagi membuat pin catatan tersebut jika dirasa penting agar tampil di halaman utama. Pengguna juga bisa membuang catatan atau coretan tersebut jika dirasa tidak diperlukan. 

Fungsi S Pen juga makin beragam. Saat S Pen dikeluarkan dari smartphone maka akan muncul pintasan berupa opsi mulai dari Buat catatan, Lihat semua catatan, Pilih cerdas, Tulisan layar, Pesan live, Terjemahan sampai Bixby Vision juga. 

Samsung Galaxy Note 8.

S Pen bisa memudahkan pengguna yang ingin melakukan penerjemahan, fleksibel melalui pena pintar tersebut. Sebelumnya pengguna harus memilih opsi terjemahan dengan menggunakan S Pen dan kemudian tekan pada teks yang ingin diterjemahkan, maka akan keluar terjemahan kata yang diinginkan. 

Pesan Live juga memungkinkan pengguna untuk membuat pesan atau gambar bergerak dan bersinar. Menambah pengalaman bercoret-coret. 

Pengguna jangan khawatir saat S Pen tercecer terpisah dari Galaxy Note 8. Sebab smartphone itu akan otomatis berbunyi jika jarak S Pen terlalu jauh dari jangkauan smartphone. Bunyi peringatan itu akan meminta pengguna memasukkan kembali S Pen bila sudah tak digunakan.  (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya