Usman Chatbot Khusus Muslimin, Mudahnya Cari Info Islam

Chatbot Usman untuk muslim
Sumber :
  • www.eva.id

VIVA – Bulan Ramadan ini menjadi momentum bagi muslim untuk mendalami agama. Sudah banyak saluran untuk belajar agama, namun terkadang pengguna bingung untuk mengecek informasi seputar Islam. apalagi saat sedang mobile atau bepergian ke luar kota. 

Indonesia Bakal Jadi Basis Produksi Mobil Listrik Canggih

Biasanya pengguna akan mengandalkan pencarian internet untuk informasi Islam yang dibutuhkan. Namun kini ada cara ringkas untuk mendapatkan informasi Islam, yakni bantuan robot berbasis kecerdasan buatan atau chatbot. 

Penyedia layanan chatbot. Eva.id sudah merilis chatbot untuk bertanya informasi Islam. Nama chatbot tersebut yakni Usman. Dengan chatbot tersebut, pengguna bisa mengakses informasi Islam melalui chat messenger.

Alibaba Cloud Diskon Harga

Dengan chatbot Usman, Anda cukup mengakses aplikasi percakapan atau media sosial untuk mendapatkan informasi seputar Islam. Chatbot Usman memberikan informasi fatwa atau hukum Majelis Ulama Indonesia, cek kehalalan produk, daftar sertifikasi halal, mencari ayat Al Quran, cek masjid terdekat sampai cari referensi hadis. 

Chief Marketing Officer Eva.id, Grandy Prajayakti mengatakan, chatbot Usman merupakan chatbot yang dihadirkan khusus untuk MUI dan muslim di Indonesia. Chatbot ini terhubung dengan database lembaga ulama nasional tersebut. 

Siap-siap, Berselancar di Mesin Pencari Google Tidak Gratis

"Jadi misalnya ada yang tanya fatwa halal McDonald, kata kunci McDonald akan dikirim ke server MUI. Dari situ nanti baru kasih jawaban (ke pengguna)" jelasnya Grandy kepada VIVA, Selasa 22 Mei 2018. 

Proses chatbot Usman memberi jawaban berlangsung secara kilat. Grandy mengatakan, jawaban akan dikirimkan ke pengguna dalam milidetik.

"Paling lama kalau ada delay jaringan, itu maksimal 2 detik," tuturnya. 

Chatbot Usman ini menurutnya, sudah banyak menjadi rujukan pengguna perangkat mobile di Indonesia. Buktinya, per hari, chatbot Usman sudah menerima ribuan percakapan atau pertanyaan.

Grandy menuturkan, sangat mudah untuk mendapatkan chatbot Usman atau chatbot besutan Eva.id lainnya. 

Sebab, pengguna tak perlu instal aplikasi. Cukup buka web dan mengklik tautan khusus di Eva.id dan pengguna bisa langsung terhubung chatbot Usman. Untuk saat ini, chatbot Usman dapat diakses di Telegram dengan ID @Usmanbot atau masuk melalui tautan ini.

"Nanti segera bisa hadir di Facebook dan Line. Untuk di WhatsApp karena mereka belum mengizinkan chatbot masuk ya belum bisa. Kalau sistem kami sudah bisa," jelas Grandy. 

Eva.id menghadirkan chatbot Usman pada Desember tahun lalu. Chatbot Usman merupakan chatbot MUI yang berguna membantu muslim mengakses informasi dengan fleksibel. 

"Usman ini proyek sosial," jelas Grandy.

Ke depan, chatbot Usman memungkinkan membantu pengguna untuk belanja produk halal hanya dengan sentuhan jari di ponsel. Eva.id sedang menyiapkan kemampuan fitur tersebut.

"Belanja produk halal ke depan, sekarang tahap pengembangan," ujarnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya