Aplikasi Yawme, Jaga Kualitas Ibadah Ramadanmu

Aplikasi Yawme
Sumber :
  • Google Play

VIVA – Bulan suci Ramadan 1439 H adalah ajang untuk berlomba-lomba dalam mendapatkan pahala. Dengan kreativitas masing-masing, pegiat teknologi juga turut melakukan banyak inovasi untuk memberikan banyak manfaat kepada masyarakat. 

Menteri Agama Ingatkan Ormas Razia saat Ramadan Berpotensi Kerawanan

Namun, aplikasi Yawme yang luput dalam daftar tersebut malah menjadi trending nomor wahid di Play Store semenjak awal Ramadan. Aplikasi Yawme adalah aplikasi buatan anak bangsa. Kepala Eksekutif Yawme, Wahyu Rismawan menuturkan sudah terlintas untuk membuat aplikasi tersebut sejak 2017.

Pada tahun lalu, Yawme juga muncul untuk platform iOS. Saat ini Yawme sudah diunduh 30 ribu pengguna di Indonesia dan tiap harinya dipakai 6 ribu pengguna. Aplikasi ini hadir berawal dari pengalaman Wahyu dan teman-temannya.

VIDEO: 6 Iklan Inspiratif yang Bikin Hati 'Luluh Lantak'

Berawal dari kesulitan Wahyu dan teman-teman kantornya untuk bisa konsisten dalam beribadah di bulan suci karena tidak adanya sarana untuk mengevaluasi ibadah mereka. Terciptalah sebuah aplikasi yang notabenenya bisa dibawa ke mana saja dengan maksud menjadi teman setia dalam menjalankan ibadah. 

“Melalui Yawme ini, tidak hanya fitur evaluasi dengan memberikan tanda centang di kegiatan ibadah yang sudah dilakukan, tetapi juga beragam fitur lainnya, seperti artikel Islami yang kami perbarui setiap hari, juga fitur group chat yang memiliki cara kerja seperti grup di aplikasi WhatsApp, namun dengan nilai tambah yaitu masing-masing grup bisa berlomba-lomba mendapatkan poin dari ibadah yang dia lakukan,” ujar Wahyu dalam keterangannya, Sabtu 26 Mei 2018. 

Mendag Klaim Berhasil Stabilkan Harga Pangan Saat Ramadan dan Lebaran

Grafik Performa Ibadah

Fitur lain yang tersedia pada Yawme adalah gamifikasi berupa poin, grafik performa ibadah dalam periode tertentu, ranking aktivitas ibadah untuk melihat aktivitas mana yang lebih sering dan konsisten dilakukan, informasi kajian islami terdekat, push notification jika ada artikel baru setiap harinya, dan pengingat azan yang akan berbunyi ketika waktu salat tiba. 

Yawme secara khusus memang menyasar pengguna milenial dari umur 18 sampai 26 tahun. Mempunyai ilustrasi yang sangat kekinian, warna yang bersemangat, serta bahasa yang ringan pada setiap artikelnya, membuat Yawme mempunyai nilai plus di mata milenial. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya