Waspada, Oleh-oleh USB Trump-Jong Un Berbahaya

Presiden AS Donald Trump dan Pemimpin Korut Kim Jon Un bertemu di Singapura
Sumber :
  • REUTERS/Jonathan Ernst

VIVA – Ada yang menarik perhatian dari pertemuan bersejarah antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un di Pulau Sentosa, Singapura, Selasa 12 Juni 2018. 

Perbankan di Indonesia Harus Waspada Teror Coyote

Peneliti keamanan internet mengingatkan kepada jurnalis yang meliput pertemuan bersejarah dua negara dunia itu, untuk waspada dengan oleh-oleh yang diberikan kepada para pewarta. 

Dalam pertemuan tersebut, jurnalis yang meliput diberikan gift bag, botol air, buku panduan lokal dan USB fan.

Sikat Gigi Tidak Luput dari Serangan Siber

Pewarta Belanda, Harald Doornbos mengunggah oleh-oleh pertemuan Trump-Jong Un itu di akun Twitternya. Dalam postingannya dia melihat USB fan tersebut bisa membuat tugas mengetik berita menjadi nyaman. Sebab sambil mengetik, dia bisa tetap merasakan dingin. Kebetulan, di Singapura saat ini cuacanya sedang cukup panas, yakni 33 derajat celsius. 

Bajak Laut Menargetkan Dompet Aset Kripto

Nah, peneliti keamanan mengingatkan kepada jurnalis untuk tidak sekali-kali mencolokkan perangkat USB itu ke laptop mereka. Peneliti khawatir USB tersebut membawa program komputer berbahaya atau malware.

"Selama bertahun-tahun, orang teknik memasang USB yang diberikan kepada Anda, itu cara klasik mengelabui langkah keamanan dan memasang software ke komputer mereka," jelas ahli keamanan siber dari Universitas Surrey Inggris, Alan Woodward 

Kekhawatiran peneliti keamanan cukup beralasan. Sebab beberapa waktu lalu Korea Utara dituding sebagai biang menyebarnya virus pemalak WannaCry yang menghebohkan dunia. Meskipun Korea Utara menolak bertanggung jawab atas insiden siber tersebut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya