Transportasi Masa Depan Hadir Dukung Asian Games 2018

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin dengan mobil listrik
Sumber :
  • VIVA/Salam Maulana

VIVA – Gelaran Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus hingga 2 September 2018, menghadirkan kendaraan berbahan bakar hidrogen tanpa emisi dan ramah lingkungan.

Kisah Inspiratif Jonatan Christie, Atlet Bulutangkis yang Bangun Masjid dari Dana Bonus Asian Games

Mobil hidrogen produk Ecubes Arcola dan Serba Dinamik Group ini hadir untuk pertama kalinya di Indonesia.

Presiden Direktur Ecubes Arcola, Aleksander Gerbec mengatakan, mobil hidrogen itu nantinya akan beroperasi selama Asian Games 2018. Mobil ini merupakan wujud dari penetrasi energi terbarukan dengan basis hidrogen melalui integrasi sumber daya infrastruktur lintas sektoral.

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

"Program ini merupakan bagian dari strategi Ecubes Arcola untuk menghadirkan infrastruktur energi ramah lingkungan bertenaga hidrogen di seluruh Indonesia melalui proyek-proyek di sektor pembangkit listrik dan transportasi," kata Gerbec, Selasa 14 Agustus 2018.

Menurutnya, mewujudkan solusi untuk energi berkelanjutan bukan lagi suatu masalah, semua tergantung kepada siapa yang memimpin.

Eunhyuk Super Junior: Banyak Memori Indah Terukir di Indonesia

Program ini terlihat dari komitmen dan kepemimpinan yang kuat di Sumatera Selatan dalam mengembangkan sektor ekonomi ramah lingkungan, dengan menjadi perintis teknologi hidrogen sejak 2016. 

"Integrasi infrastruktur lintas sektor memungkinkan peningkatan dan percepatan penetrasi energi terbarukan, ini akan otomatis memberikan moda transportasi bebas polusi yang ramah lingkungan," ujar Managing Director Ecubes Arcola, Ben Todd

Setelah berkomitmen untuk pengembangan dan mobilitas infrastruktur energi ramah lingkungan pada 2016, pemerintah Sumatera Selatan kini memainkan peran penting di kawasan ASEAN.

Menurut Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, provinsi yang ia pimpin memiliki potensi besar untuk energi terbarukan.

Selama 25 tahun ke depan dia melihat transformasi sistem pembangkit listrik dan transportasi ke teknologi nol emisi, memastikan dapat memiliki udara bersih dan energi terbarukan yang terjangkau.

"Kami akan mulai di Jakabaring Sport City, yang akan menjadi percontohan dalam mengimplementasikan infrastruktur yang bersih, dengan menggunakan hidrogen," ujar Alex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya