Ponsel Boleh Jadul, Tapi Bisa WhatsApp dan YouTube

Jio Phone 2.
Sumber :
  • Livemint

VIVA – Ponsel merek India Reliance Jio, Jio Phone, sudah didukung oleh aplikasi WhatsApp, Facebook, YouTube hingga Google Maps, sejak 15 Agustus 2018. Pengumuman ini diungkapkan langsung oleh Kepala Eksekutif Reliance Jio, Mukesh Ambani.

Mobil SUV Baru Rp200 Jutaan Ini Sudah Tersedia di Diler

Artinya, ponsel ini mampu menggabungkan fungsi ponsel biasa atau feature phone dan ponsel pintar atau smartphone. Feature phone identik dengan ponsel jadul dan lemot atau lemah koneksi.

Namun, dilansir dari Live Mint, Sabtu, 18 Agustus 2018, hingga tanggal yang dijanjikan, Jio Phone belum juga men-support WhatsApp. Sedangkan, ketiga aplikasi lainnya sudah bisa digunakan oleh pengguna ponsel tersebut.

Wajah dan Fitur Baru Suzuki GSX-250R

Keempat aplikasi tersebut tetap mempertahankan fitur aslinya, namun masih tidak praktis soal navigasi. Pengembang Jio Phone, KaiOS, memastikan user interface (UI) atau antarmuka pengguna untuk setiap aplikasi telah dibuat sesederhana mungkin dan dioptimalkan untuk perangkat low-end.

Karena, Jio Phone berbentuk feature phone sehingga perlu menekan beberapa tombol untuk melakukan aktivitas menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Sedangkan kebanyakan orang sudah terbiasa menggunakan touch screen untuk menggunakan keempat aplikasi tersebut.

Mobil Ini Laku 100 Ribu Unit dalam 3 Bulan

"Untuk WhatsApp, Jio Phone menyesuaikan aplikasi dengan interface pada ponsel. Saat membuka aplikasi maka pengguna akan melihat daftar obrolan dengan ‘bar pencarian’ di bagian atas untuk mencari kontak atau grup. Sedangkan bagian kiri ada pilihan 'new chat' dan tombol 'more' berada di sebelah kanan," kata Mukesh.

Selain itu, semua fitur pada WhatsApp telah ada di ponsel ini. Mulai dari voice recording, video, dan juga foto. Sedikit informasi, KaiOS telah mendapatkan dana segar dari Google pada Juni lalu sebesar US$22 juta atau Rp321 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pengembangan aplikasi pada smart feature phone.

CEO X Elon Musk.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

CEO X Elon Musk pada Senin, 15 April 2024 mengusulkan sedikit biaya bagi pengguna baru untuk menulis, membalas, atau menyukai postingan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024