Pantau Rumah dari Jarak Jauh dengan Teknologi 'Digital Door Lock'

Ilustrasi digital door lock.
Sumber :
  • WNYC Studios

VIVA – Teknologi rumah pintar atau smart home technology merupakan integrasi teknologi perangkat dalam hunian yang telah tekoneksi satu sama lain, sehingga lebih mudah dipantau.

Sri Mulyani Ungkap Pembangunan IKN Sudah Sedot APBN Rp 4,3 Triliun

Menurut Property Investment Advisor Synthesis Development, Imron Rosyadi, konsep ini diterapkan pada hunian premium bernama Arkana, yang merupakan bagian dari Synthesis Residence Kemang, Jakarta Selatan. Ia mengatakan, Arkana memiliki spesifikasi yang di-upgrade serta inovasi teknologi smart home.

"Kunci utama setiap unit Arkana memakai kunci pintu digital atau digital door lock. Jadi penghuni bisa menyalakan penyejuk udara dan lampu dari smartphone," katanya di Jakarta, Jumat, 7 Desember 2018.

Viral Wanita Ini Ngaku Ditipu Elon Musk, Uang Rp800 Miliar Melayang

Teknologi ini bisa menggunakan smart card (seperti RFID), biometrik (seperti sidik jari atau lensa mata), PIN, bluetooth, bahkan menggunakan teknologi nirkabel ataupun wireless.

Beberapa teknologi door lock dapat membuka pintu dari jarak jauh lewat aplikasi khusus dari smartphone. Selain itu, teknologi door lock juga bisa diintegrasikan dengan sistem home automation.

Moeldoko: Otonomi Daerah Harus Lanjutkan Pembangunan Visi Jokowi

Imron menyebutkan, sebanyak 60 persen dari total 2 hektare luas lahan di apartemen ini, dimanfaatkan menjadi area terbuka hijau, lengkap dengan kolam air.

"Penelitian membuktikan, selain berfungsi untuk meredam polusi dan kebisingan lalu lintas jalan raya, area hijau bisa menyejukkan hati dan meredam stres," ungkap dia.

Saat ini, proses pembangunan unit Arkana sedang dalam tahap struktur dan telah mencapai lantai 5. Konsumen juga bisa memantau perkembangan pembangunan tersebut melalui fitur live streaming.

Imron menegaskan bahwa Synthesis Residence Kemang hadir sebagai hunian berkonsep resort yang memadukan modernitas dan unsur budaya. Apartemen premium berkonsep homey ini akan diluncurkan pada Januari 2019 dengan kisaran harga Rp1,3 miliar. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya