Iklan di Smartphone Xiaomi, Apakah Kamu Terganggu?

Logo Xiaomi.
Sumber :
  • Instagram/@swipeup_reviews

VIVA – Bagi Anda pengguna salah satu merek ponsel yang berasal dari China, Xiaomi tentu tidak asing lagi mengenai iklan yang selalu muncul di perangkatnya. Salah satu pengguna Reddit yang akunnya bernama Chootingfeng membagikan tangkapan layar mengenai iklan tersebut.

Coba-coba Bikin Mobil Listrik, Xiaomi Dibuat Kaget

Dikutip melalui laman Indian Wire, Senin 10 Desember 2018, ROM khusus MIUI Xiaomi memang banyak dipuji pengguna karena menampilkan operasi yang lancar, sehingga banyak dari mereka yang menggunakan operasi tersebut. Namun sayang, mereka terjebak dalam iklan.

Xiaomi sudah dikenal dengan ponsel yang memiliki iklan di seluruh aplikasinya, namun kali ini mereka juga membawa iklan ke dalam aplikasi inti, yakni bagian Pengaturan. Hal ini tentu sangat mengganggu pengguna, yang mana mereka membeli ponsel untuk digunakan sesuai keinginan, bukan merasakan sesuatu yang dipaksakan.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung
Xiaomi Rilis Redmi Note 13 Pro Plus 5G: Desain Unik, Performa Gahar dan Harga Terjangkau

Iklan biasanya dapat ditemukan di aplikasi seperti Mi Browser, Mi File Manager, Mi Music, dan aplikasi sistem lainnya, namun dapat diabaikan dan diganti dengan opsi lain. Beda halnya dengan iklan di Pengaturan, pengguna tidak memiliki pilihan untuk tidak ikut serta dan akan dipaksa melihat iklan.

Banyak pengguna menjelaskan bagaimana mereka mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkan sebuah perangkat ponsel, namun di saat punya pilihan untuk membeli perangkat murah, mereka juga harus sukarela menerima iklan di dalamnya.

Cepat atau lambat pengguna akan terbiasa dengan iklan di perangkatnya. Namun akan lebih baik jika Anda menyingkirkannya. Terdapat pengaturan untuk menonaktifkan iklan dari perangkat Xiaomi, namun seluruh proses untuk menghapus iklan harus melalui jalan yang rumit.

Pengguna harus menghapusnya satu per satu. Banyak dari mereka yang tidak ingin menghapus iklan karena alasan tersebut, tidak ingin menyita waktu berharganya. Sehingga banyak pengguna yang membiarkan iklan tetap berada di perangkat Xiaomi mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya