Adu Kuat iPhone Vs Ponsel Kelas Menengah, Siapa Menang?

Suasana antre saat membeli iPhone XS, XS Max, dan XR di iBox Central Park Mall Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Novina Putri Bestari

VIVA – Pasar ponsel premium di Indonesia dinilai masih sangat besar. Hal ini terbukti dari minat konsumen Tanah Air terhadap iPhone terbaru yang harganya berkisar Rp15 jutaan hingga hampir Rp30 jutaan.

Kisah Inspiratif Dhani, Dari Game Online Hingga Jadi Sensasi di TikTok

"Premium itu memiliki pasar yang kuat. Dalam konteks secara value, dia gede tapi secara unit pasti akan terbentuk piramida berkaki besar," kata Director Marketing Erajaya Group, Djatmiko Wardoyo di Jakarta, Jumat, 14 Desember 2018.

Meski begitu, Djatmiko menjelaskan bahwa pasar paling kuat adalah pada sektor middle, yang bermain di harga sekitar Rp2,5 juta hingga Rp5 jutaan. Secara unit, penjualan di kelas ini akan lebih banyak dibandingkan dengan premium. "Kalau by unit pasti mid to low itu yang paling gede. Karena pasarnya gede di situ," ujarnya.

Biadab! Anak Durhaka di Cengkareng Ini Tega Bacok Ibu Kandungnya gegara Ponsel

Sedangkan dalam value, perhitungannya akan berbeda. Premium bisa memiliki harga penjualan sama atau lebih tinggi dibandingkan dengan pasar di bawahnya. Dengan menjual satu unit ponsel premium sama dengan beberapa unit di kelas menengah.

"Gampangnya, (harga) Rp1 juta dibandingkan dengan iPhone paling mahal saat ini, itu dapet 30 unit. Artinya secara jumlah, 30 lebih banyak. Tapi iPhone jual 2 unit saja sudah dua kali jadi kebalik piramida," ujar Djatmiko.

Arti 'i' Kecil dari kata iPhone

Jadi kekuatan pasar premium dan menengah sangat berbeda. Pasar premium akan kuat untuk penjualan secara harga, dan menengah untuk penjualan unit.

Djatmiko lantas menganalogikan penjualan ponsel premium dan menengah seperti mobil. "Ferrari ngeluarin 200 unit pasti ada di Indonesia. Hanya pasarnya kan ada yang kayak gitu. Tapi jangan berharap Ferrari 200 unit tadi ketemu seperti kita ketemu Avanza di jalan," ujarnya. (mus)

Apple.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung

Penjualan iPhone telah hancur turun 10%, Apple Inc. (NASDAQ: AAPL) kehilangan posisi nomor satu dalam pengiriman ponsel pintar global pada kuartal pertama.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024