Logo BBC

Samsung Galaxy Fold dan S10 5G, Apa Plus dan Minusnya?

Samsung Galaxy Fold memungkinkan pengguna membuka tiga aplikasi secara bersamaan. - SAMSUNG
Samsung Galaxy Fold memungkinkan pengguna membuka tiga aplikasi secara bersamaan. - SAMSUNG
Sumber :
  • bbc

Samsung memperkenalkan seri telepon pintarnya yang bisa dilipat - Galaxy Fold - serta seri 5G dari Galaxy S10 dan tiga gawai Galaxy S10 lainnya.

Galaxy Fold akan dijual sekitar dua bulan lagi, lebih awal dari perkiraan banyak pihak.

Galaxy S10 5G menjadi telepon layar sentuh dengan layar terbesar milik Samsung dan menjanjikan kecepatan data yang lebih kencang saat terhubung dengan jaringan internet.

Samsung juga memperkenalkan versi terjangkau seri S10.

Sebelumnya, Samsung menyadari bahwa harga yang dibanderol pada seri S9 menyebabkan rendahnya angka penjualan.

Layar yang bisa dilipat

Samsung menyatakan bahwa lipatan layar Galaxy Fold bisa dibuka untuk menghadirkan layar seperti tablet dengan dimensi 7,3 inchi atau sekitar 18,5 sentimeter, dan dapat mengoperasikan tiga aplikasi secara bersamaan.

Dalam video demonya, Fold menunjukkan fitur " app continuity " yang memungkinkan perpindahan mode yang lebih halus dibandingkan telepon lipat lain yang sudah lebih dulu rilis, seperti Royole FlexPai.

Sebagai contoh, tampilan aplikasi Google Maps pada layar Fold yang tengah terlipat akan membesar saat gawai tersebut dibuka, diikuti dengan jeda sekitar satu detik.

Samsung juga menyatakan bahwa aplikasi WhatsApp, Facebook, YouTube, dan Microsoft Office akan dioptimasi agar menyesuaikan bentuk tampilan yang baru.

Perusahaan asal Korea Selatan tersebut juga mengatakan bahwa mereka telah merancang sistem engsel tersembunyi baru yang mampu menahan ratusan ribu aksi lipat-buka, serta menanam baterai di masing-masing sisi lipatan untuk memperpanjang masa hidup smartphone tersebut.

Sebagai tambahan, Samsung mengungkapkan bahwa gawai itu memiliki enam kamera - tiga di sisi belakang, dua di bagian dalam, dan satu di sisi depan - untuk memastikan pengguna dapat berfoto bagaimana pun cara mereka memegangnya.