Sensor Sidik Jari pada Ponsel Bisa Dibobol, Gampang Banget

Smartphone dengan fingerprint scanner.
Sumber :
  • Nextgov

VIVA – Sensor sidik jari (fingerprint sensor) pada ponsel pintar atau smartphone ternyata tidak seaman yang diperkirakan.

Cara Ngecas Galaxy S10 Plus Tanpa Kabel, Tinggal Tempel

Mengutip situs Mashable, Senin, 8 April 2019, dalam beberapa tahun terakhir, kasus pencurian identitas telah menjadi subjek yang sensitif.

Dengan diperkenalkannya sensor sidik jari 3D, yang berfungsi memberi kemudahan akses dan keamanan, seperti memberi harapan bagi pengguna smartphone untuk melindungi data penting mereka.

Harga Motor Listrik di Indonesia Lebih Murah dari Ponsel

Akan tetapi sensor sidik jari memiliki celah keamanan. Dalam video berdurasi pendek memperlihatkan bahwa seseorang menggunakan Samsung Galaxy S10 untuk menjebol ponsel premium itu dengan cara memalsukan sidik jari secara singkat.

Perangkat yang mereka butuhkan cenderung sederhana, seperti perangkat lunak, printer 3D, ponsel korban, foto sidik jari Anda dan durasi waktu selama 13 menit.

Samsung Galaxy S10 Plus, Kameranya Bisa Jadi Andalan Vlogger

Sebagai bukti, pengguna Imgur darkshark memposting di situs image hosting, yang menggambarkan betapa mudahnya semua itu dilakukan. Sebagai permulaan, darkshark mengambil gambar sidik jarinya yang jernih dan jelas dari sebuah gelas anggur.

Dengan menggunakan photoshop, ia kemudian memprosesnya. Setelah itu, gambar dikirim ke printer 3D dan perangkat lunak rendering, 3ds Max, yang memungkinkannya untuk meningkatkan detail sidik jari. Alhasil, seluruh proses mencetak sidik jari cukup membutuhkan waktu 13 menit.

Aplikasi chatting WhatsApp.

Hore, Keamanan Sensor Sidik Jari WhatsApp Resmi Hadir di Android

Pengguna harus menggunakan sidik jari untuk membuka kunci aplikasi.

img_title
VIVA.co.id
1 November 2019