Merasa Dimata-matai Google? Ini Cara Matikan Fitur Pelacak Google Maps - VIVA
Unduh aplikasi kami
A Group Member of Viva
viva
Senin, 29 April 2019 | 09:32 WIB

Merasa Dimata-matai Google? Ini Cara Matikan Fitur Pelacak Google Maps

Riwayat lokasi juga bisa dinonaktifkan.
Fitur baru Google Maps.
Photo :
  • Twitter/@Google_IDN

Fitur baru Google Maps.

VIVA – Google Maps menjadi salah satu aplikasi yang paling populer di dunia. Layanan ini dapat membantu pengguna untuk mencapai sebuah tempat, hingga menampilkan data lalu lintas dengan rute tercepat. Bahkan ada juga pilihan terbaik untuk menggunakan tranportasi umum.

Dilansir melalui situs Express, Senin, 29 April 2019, banyaknya fitur bermanfaat tersebut tidak lagi membuat heran tentang mengapa Google Maps begitu banyak penggunanya. Namun, pengguna mungkin tidak sadar bahwa melalui itu, smartphone dapat melacak, memantau, dan merekam setiap pergerakan dan perjalanan kita.

Data tersebut akan langsung dikirim ke akun Google, dan disimpan selama berbulan-bulan. Jika dilihat dari perspektif lain, Google Maps seolah menjadi mata-mata bagi kehidupan kita.

Namun, sebenarnya aplikasi ini juga menyediakan opsi untuk menonaktifkan pelacakan dan menghapus riwayat. Raksasa perusahaan Amerika Serikat itu menyebut layanan yang mereka berikan bukanlah menjadi kewajiban. Mereka juga memberi instruksi tentang cara mematikan alat pelacakan. 

Untuk mematikan dan mengaktifkan layanan lokasi, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Pertama, buka pengaturan di ponsel atau smartphone, kemudian klik akun Google. Lalu ketuk data dan personalisasi. Kemudian pada menu 'kontrol aktivitas', ketuk riwayat lokasi dan kelola aktivitas.

Jika Anda tidak ingin lagi perangkat melaporkan riwayat lokasi, nonaktifkan riwayat lokasi. Kemudian bagi pengguna iPhone, pilih pengaturan, privasi dan layanan lokasi, kemudian matikan Google Maps.

Adapun cara untuk menghapus riwayat lokasi ialah, buka pengaturan aplikasi, Google dan akun Google. Ketuk data dan personalisasi, dalam menu kontrol aktivitas, ketuk riwayat lokasi kemudian kelola aktivitas.

Anda dapat masuk ke dalam menu Google Maps, kemudian masuk ke pengaturan dengan mengklik simbol titik tiga di kanan, klik setelan dan privasi. Di menu paling bawah, pilih hapus semua riwayat lokasi atau hapus rentang histori lokal. Perlu diingat, saat menghapus informasi, Anda tidak lagi dapat melihatnya.

Saksikan Juga

Google Bakal Cabut Lisensi Android di Huawei?

DIGITAL - 5 bulan lalu
loading...
Muat Lainnya...