Ada Iklan di Layar Kunci Ponsel, Pengguna Huawei Mencak-mencak

Logo Huawei.
Sumber :
  • Instagram/@karlo_kocis

VIVA – Banyak pengguna Huawei melaporkan jika mereka menemui iklan di layar kunci ponsel (lock screen) seperti Huawei P30 Pro, P20, P20 Lite, dan P20 Pro. Hal itu terjadi pada pekan lalu yang menyebabkan mereka mencak-mencak.

Shopee Rilis Iklan Terbaru Garansi Tepat Waktu, Dibintangi Penyanyi Kenamaan Vidi Aldiano

Protes ini dilaporkan ada di wilayah Inggris, Irlandia, Afrika Selatan, Belanda, Jerman, dan Norwegia. Iklan itu milik platform Booking.com, yang mana jika pengguna mengklik maka mereka akan diarahkan ke situs perjalanan.

Ternyata iklan tersebut muncul ketika pengguna memilih menggunakan fitur bawaan Magazine Unlock. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengganti wallpaper di layar kunci setiap kali mereka membuka kunci ponsel.

Siap-siap Menyambut Xiaomi 14 di Indonesia

Bukan itu saja, ponsel Honor 10 dan 20 ikut terimbas iklan Booking.com. Honor merupakan sub-brand dari Huawei.

Dilansir dari GizmoChina, Senin, 17 Juni 2019, usai banyaknya keluhan, raksasa teknologi China itu langsung bergerak cepat untuk menghapus iklan dari layar kunci ponsel.

THR Cair Saatnya Beli HP Baru, Harga Rp1,4 juta Sudah Dilengkapi AI

Juru bicara Huawei dan Honor serentak mengaku bahwa iklan ini tidak dipasang oleh mereka. Iklan bawaan di wallpaper layar kunci juga telah dihapus dari server perusahaan.

Artinya, iklan model seperti ini tidak akan lagi muncul di masa depan. Sebelumnya juga disebutkan bahwa kemungkinan ada beberapa pengguna yang sudah mengunduh gambar iklan secara tidak sengaja.

"Iklan ini tidak diinisiasi oleh kami. Kami minta maaf dan mendorong individu untuk memeriksa pengaturan aplikasi, atau mengikuti arahan yang tersedia untuk umum tentang cara menghapus iklan lock screen," jelas mereka.

Huawei bukanlah vendor pertama yang menampilkan iklan di perangkatnya. Amazon juga diketahui memiliki hal yang sama untuk program Prime Exclusive. Lainnya adalah Xiaomi yang juga memiliki iklan di perangkat yang menjalankan MIUI OS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya