Persaingan Sengit Samsung dan Oppo, Siapa Menang?

Peluncuran Samsung Galaxy Note 10
Sumber :

VIVA – Vendor smartphone Samsung diketahui menjadi salah satu pemain senior di pasar smartphone. Perusahaan asal Korea Selatan ini sudah langganan duduk di urutan pertama, jadi sebenarnya masyarakat tidak perlu ragu lagi dengan kualitasnya. 

Oppo Mau Kasih Kejutan Lagi di Indonesia

Tapi baru-baru ini perusahaan riset Canalys mengumumkan hasil studi kedudukan smartphone di kuartal kedua 2019, memberitakan kalau Oppo berhasil menjadi yang pertama dan membuat Samsung harus legowo berada di nomor dua. 

Ditanya mengenai hal itu, IT & Mobile Product Marketing Head Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant berkelakar kalau setiap riset yang dilakukan memiliki metode yang berbeda. 

Jajaran Oppo Reno7 Mendarat Mulus di Indonesia, Tebak Berapa Harganya

"Canalyst menggunakan metode berdasarkan shipment. Sedangkan Samsung berpatokan pada riset yang dilakukan GfK," katanya di Ritz Carlton SCBD, Jakarta, Rabu, 21 Agustus 2019.

GfK diketahui menggunakan metode unit smartphone yang diserap oleh konsumen. Jumlah perusahaan riset tidak sedikit, tentunya metode yang mereka terapkan pun beragam.

6 HP Oppo Harga 2 Jutaan, Harga Terjangkau dan Spesifikasi Canggih

"Samsung jadi nomor pertama smartphone premium di Indonesia dengan market share 66 persen, dan juga menjadi nomor pertama di kategori lainnya dengan market share 50 persen," kata Denny dalam acara peluncuran Galaxy Note 10.

Data yang ia sebutkan itu merupakan data internal perusahaan pada Juni 2019. Artinya untuk saat ini Samsung masih berpegang teguh pada data internal dan GfK, "Kami masih memimpin pasar," ujar Denny.

Oppo Reno7 5G.

Beda Oppo Reno7 5G dengan Reno7 Z 5G yang Melenggang di Indonesia

Oppo secara resmi meluncurkan perangkat Reno7 5G dan Reno7 Z 5G di Indonesia. Dengan peluncuran ini, pengguna bisa langsung bisa memesan perangkat anyar tersebut.

img_title
VIVA.co.id
3 Maret 2022