11 Smartphone Populer Ini Beradiasi Tinggi, Ada iPhone dan Samsung

Uji radiasi smartphone
Sumber :
  • www.chicagotribune.com/Brian Cassella

VIVA – Smartphone atau ponsel memancarkan efek radiasi sudah menjadi isu lama. Kamu khawatir enggak sih? Nah ngomong-ngomong soal radiasi ponsel nih, ada pengujian baru yang menemukan tingkat radiasi 11 smartphone populer.

Influencer dan Gamer dari Seluruh Dunia Siap Menyerbu Tangerang, Banten

Ponsel yang diuji yakni iPhone 7, iPhone X, iPhone 8, iPhone 8 Plus, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy S8, Samsung Galaxy J3, Moto e5 Play, Moto e5, Moto g6 Play, dan BLU Vivo 5 Mini.

Ternyata peneliti mengklaim 11 smartphone populer yang diuji memproduksi radiasi frekuensi radio yang tinggi. Aduh, terus bagaimana nih? Atas temuan ini, Federal Communications Commission (FCC) Amerika Serikat berjanji menyelidikinya.

Samsung Bakal Keluarin Ponsel Lipat Murah, Catat Waktunya

Dikutip dari situs Metro, Jumat 23 Agustus 2019, jadi begini ilmuwan menguji 11 smartphone itu dengan menggunakan daging manusia, kemudian disimulasikan dengan smartphone pada jarak 2 mm. Jarak 2 mm itu kira-kira seperti ponsel yang ada di dalam saku.

Tes ini juga lebih dekat dari pengujian yang dilakukan vendor smartphone, beberapa juga mengetes dengan jarak satu inci. Tes yang dilakukan peneliti kemudian menunjukkan perangkat menghasilkan tingkat radiasi yang melebihi pedoman FCC.

Samsung Galaxy A35 5G Punya Kemampuan Menyelam

Apple dan Samsung berdalih perangkat mereka tidak melanggar aturan. Perusahaan yang dipimpin oleh Tim Cook mengatakan, metode yang digunakan peneliti tidak akurat.

"Semua model iPhone, termasuk iPhone 7, sepenuhnya disertifikasi oleh FCC dan di negara lain di mana produk kami dijual. Kami konfirmasi bahwa kami mematuhi dan memenuhi semua pedoman dan batasan yang berlaku," kata Apple dalam sebuah pernyataan.

Baca juga nih: Penyebab Kecelakaan Beruntun yang Tewaskan Leonardo DiCaprio

Sementara Samsung mengatakan, perangkat yang dijual di Amerika Serikat mematuhi peraturan FCC. Smartphone Samsung diuji sesuai dengan protokolnya, sama seperti yang digunakan di seluruh industri. Nah gimana dengan temuan radiasi tinggi smartphone itu?

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya