Nettox Smartwatch Buatan Mahasiswa UI untuk Atasi Kecanduan Internet

Nettox, smart watch buatan mahasiswa UI
Sumber :

VIVA – Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) berhasil menciptakan Nettox Watch – sebuah gadget jam tangan pintar atau smart watch yang dibuat dengan tujuan mengatasi masalah ketergantungan internet yang saat ini tengah berkembang di kalangan generasi milenial. 

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Seperti dikutip dari keterangan pers, Sabtu, 24 Agustus 2019, Nettox Watch dapat mendeteksi tingkat penurunan variabilitas detak jantung dan mencatat waktu aktivitas internet pengguna secara real time sehingga dapat memunculkan peringatan akan penurunan kesehatan akibat penggunaan internet berlebihan.

Ketiga mahasiswa tersebut adalah Irfan Budi Satria (Teknik Elektro Tahun Angkatan 2016 Fakultas Teknik (FTUI), Nabila Ayu Budianti (Biologi 2016 Fakultas MIPA (FMIPA)) dan Alhuda Reza Mahara (Teknik Komputer 2016 FTUI) di bawah bimbingan dosen FTUI Dr.Eng Arief Udhiarto S.T., M.T.

Gejala Asam Urat yang Wajib Diwaspadai oleh Banyak Orang, Bisa Sebabkan Masalah Serius

Teknologi yang digunakan dalam Nettox Watch adalah terapi berbasis biofeedback, yaitu menggunakan sinyal-sinyal biologis tubuh untuk memberikan peringatan kesehatan kepada pengguna yang menggunakan internet pada smartphone secara berlebihan karena hal tersebut memiliki dampak negatif terhadap kesehatan, seperti penurunan variabilitas detak jantung (HRV).

Salah satu mahasiswa inovator, Irfan menuturkan, “Inspirasi membuat alat ini berawal dari melihat perangkat wearable dengan sensor kesehatan yang kini semakin canggih, seperti Xiaomi Mi Band. 

5 Cara Detoks Pikiran untuk Mencegah Stres Makin Parah, Salah Satunya Meditasi

Wearable Nettox ingin membawa teknologi ini semakin jauh dengan menggunakan data dari sensor untuk mengindikasi apakah pengguna mengalami penurunan kesehatan akibat penggunaan internet berlebihan."

Lebih lanjut, Irfan menyebutkan, “Saat ini kami telah membuat purwarupa dari Nettox Watch. Di dalam penggunaan jam tangan pintar ini tentu akan berbeda pada masing-masing pengguna karena kami menambahkan fitur personalisasi berupa informasi kondisi fisik pengguna yang akan memengaruhi bacaan variabilitas detak jantung, dan preferensi pengguna untuk menerima feedback seperti apa (visual, auditori, kinestetik) yang ingin diterima dari Nettox Watch.

Diharapkan, kolaborasi mahasiswa lintas jurusan yang menghasilkan Nettox Watch ini dapat menjadi sebuah jam tangan pintar yang wearable yang cocok digunakan oleh para remaja generasi milenial dan juga membantu mereka untuk mengontrol penggunaan internet.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya