Lenovo Punya Laptop anti Mahal untuk UKM dan Startup

Lenovo V-130
Sumber :
  • VIVA/ Misrohatun Hasanah

VIVA – Vendor laptop Lenovo resmi mengenalkan perangkat terjangkau yang dikhususkan untuk UKM.  Perangkat itu adalah lenovo V130-14. V130-14 sudah mulai ada dipasarkan sekitar satu bulan yang lalu dan hari ini awak media berkesempatan untuk langsung melihat perangkat tersebut.

Penuhi Kebutuhan Masyarakat di Indonesia Timur, Lenovo Exclusive Store Kini Hadir di Makassar

"Kita menemukan banyak startup atau UKM yang menggunakan perangkat mahal padahal mereka sebenarnya tidak terlalu butuh dengan itu, jadi over cost," kata 4P SMB Notebook Lenovo Indonesia, Inti Harsono di Jakarta, Jumat 13 September 2019.

Baca Juga:Wakili Indonesia, Raline Shah Masuk Nominasi E! People’s Choice Awards

Epson dan Lenovo Perkenalkan Teknologi Mutakhir

Dari apa yang terlihat, perangkat itu memiliki beberapa keunggulan. Berikut rinciannya:

Keamanan

AI: Peluang atau Ancaman bagi Pekerja Seni?

Ditujukan untuk pebisnis, keamanan menjadi sangat diperhatikan oleh Lenovo. Mereka memiliki Physical camera shutter dan firmware TPM 2.0 sebagai solusi keamanan data. Keamanan pada kameranya sendiri memiliki bentuk fisik.

"Kamera jadi fitur yang sangat riskan. Banyak ditemukan peretasan terlebih jika terlalu banyak menggunakan wifi umum. Dengan penutup kamera fisik, membuat pengguna yakin jika kamera sudah aman," katanya.

Sementara firmware 2.0 berfungsi mencegah gangguan pada hardware. Sehingga jika kemudian ada hacker yang berusaha melakukan peretasan, akan terlindungi sebelum dibobol.

Desain

V130-14 memiliki desain yang ramping dengan layar FHD 14inci.  Untuk bobotnya sendiri hanya mencapai 1,5KG serta dibungkus oleh warna Iron Grey. Perangkat memiliki engsel 180 derajat dan dilengkapi dengan Touchpad One-Piece.

Untuk sisi baterai diklaim dapat bertahan hingga enam jam dan sudah dilengkapi dengan RapidCharge, membuat pengisian daya jauh lebih cepat. Dalam waktu 30 menit perangkat bisa terisi hingga 50 persen.

SSD

Seri ini memiliki beberapa jenis prosesor, beberapa diantaranya adalah Intel Core i5-7200U, Intel Pentium 4415U dan Intel Celeron 3865U. Perangkat dengan kode IKB memiliki dual drive, sementara yang lainnya hanya single drive dengan pilihan penyimpanan 256GB dan 1TB.

Lainnya

V130-14 juga dilengkapi dengan stereo speaker Dolby Audio Digital Mic, sehingga menghasilkan suara yang jernih tanpa perlu disambungkan ke perangkat tambahan lainnya. Perangkat juga sudah memiliki Spill-Resistant Keyboard. Sehingga saat tidak sengaja terkenan cipratan air, dipastikan tidak akan mempengaruhi sistem.

Untuk harganya sendiri ada di banderol sekitar Rp4 jutaan dan sudah bisa ditemukan di kota-kota besar yang ada di Indonesia. Garansinya sendiri mencapai satu tahun, tapi bisa diperpanjang hingga tiga tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya