Huawei Mobile Services, Si Penantang Apple dan Google
Huawei Mobile Services, Si Penantang Apple dan Google
https://asset.viva.co.id/appasset-2018/mobile-2018/img/logo-warta.jpg?v=8.7.23

Huawei Mobile Services, Si Penantang Apple dan Google

Minggu, 5 Juli 2020 | 16:00 WIB
https://thumb.viva.co.id/media/frontend/thumbs3/2019/02/27/5c75e8fdacb03-huawei-di-mobile-world-congress-2019_663_382.jpg
Photo :
    Dok. Huawei

Huawei di Mobile World Congress 2019, Barcelona, Spanyol.

JAKARTA – Kehadiran Huawei Mobile Services memberi warna baru di industri ponsel pintar atau smartphone dunia. Huawei Mobile Services dipersenjatai dengan Huawei AppGallery untuk melawan dominasi App Store milik Apple dan Play Store kepunyaan Google.

Nur Cahayati, salah seorang konsumen, mengatakan dirinya tertarik untuk membeli smartphone dengan merek Huawei. Akan tetapi, dia merasa ragu karena pernah mendengar kabar bahwa Google memblokir layanan di perangkat Huawei.

Ia khawatir jika membeli smartphone Huawei maka tidak bisa mengunduh aplikasi-aplikasi populer seperti Instagram, WhatsApp, hingga YouTube. "(Huawei) ini sudah support Google dan Play Store atau belum ya?" katanya di Jakarta, Minggu, 5 Juli 2020.

 

Soal Tekanan AS ke Huawei, China: Setop Salah Gunakan Kekuasaan!

Pengusaha asal Cirebon, Jawa Barat itu kemudian mengetahui bahwa Huawei telah merilis Huawei Mobile Services yang merupakan alternatif dari Google Mobile Services. Artinya, pengguna bisa menikmati layanan serupa dengan Google di perangkat-perangkat Huawei. Lantas, apa saja layanan yang terdapat di Huawei Mobile Services?

Salah satu layanan yang terdapat di Huawei Mobile Services ialah AppGallery yang merupakan platform distribusi aplikasi untuk pengguna perangkat Huawei. AppGallery mirip dengan App Store untuk pengguna perangkat iOS maupun Play Store untuk pengguna Android.

Di AppGallery pengguna bisa mengunduh aplikasi-aplikasi populer meliputi aplikasi e-commerce, perbankan, perjalanan, hiburan, berita, dan jasa ekspedisi yang ada di Indonesia. Beberapa aplikasi lokal kategori perbankan dan keuangan yang bisa ditemukan di AppGallery antara lain BNI Mobile Banking, BCA Mobile, Dana, Akulaku, Permata Mobile, dan GO Mobile oleh CIMB Niaga.

Aplikasi belanja online yaitu Blibli, Matahari, Tokopedia, JD.ID, Bukalapak, dan Shopee. Aplikasi game dan hiburan, yaitu Wawa, Hago, CGV Blitz, MAXStream, Vidio, UseeTV Go, Langit Musik, dan RCTI +.

Aplikasi media sosial Line dan Here We Go untuk aplikasi navigasi. Untuk aplikasi berita seperti Baca, BaBe, Detik, CNN Indonesia, Kompas, Caping, Liputan6, Umma, dan CNBC Indonesia. Operator yaitu MyXL, My Telkomsel, My IM3, bima+. Aplikasi pemerintah BPJSTKU dan Info BMKG. Aplikasi travel seperti Traveloka, Garuda Indonesia Mobile, dan KAI Access. Adapun, aplikasi ekspedisi yaitu J&T dan My JNE.

Saksikan Juga