7 Trik Sederhana Lindungi Akun WhatsApp dari Peretasan

7 Trik Sederhana Lindungi Akun WhatsApp dari Peretasan

Selasa, 28 Juli 2020 | 09:25 WIB
Masih banyak yang menyepelekan keamanan data pribadi di WhatsApp.
WhatsApp
Photo :
  • Instagram/@sabinarehan

WhatsApp

VIVA – Layanan pesan instan milik Facebook, WhatsApp, saat ini tetap menjadi yang paling populer untuk digunakan di dunia. Namun popularitas tersebut ternyata tidak seimbang oleh ketidaktahuan penggunanya mengenai keamanan data pribadi mereka. Masih ada yang menyepelekan dan cenderung tidak mengetahuinya.

Melansir situs Indian Express, Selasa, 28 Juli 2020, pencurian data pribadi masih menjadi topik hangat, terutama di Indonesia. Jika akun WhatsApp diretas, maka pelaku peretasan atau hacker bisa dengan mudah mencuri informasi-informasi penting yang ada di dalamnya.

Ada baiknya mengikuti tujuh trik sederhana lindungi akun WhatsApp agar tidak mudah diretas atau disusupi hacker:

Enkripsi ujung ke ujung (End-to-end encryption)

Semua pengguna WhatsApp harus memastikan bahwa obrolan mereka terenkripsi dari ujung ke ujung. Untuk memverifikasinya, pergi ke menu obrolan, ketuk nama salah satu kontak untuk membuka info kontak, lalu ketuk enkripsi untuk melihat kode QR dan 60 digit nomor.

Langkah keamanan ini akan memastikan bahwa hanya pengirim dan penerima pesan yang dapat membaca obrolan, tidak ada penyusup yang bisa mengetahui pesan antara keduanya.

Jangan klik tautan mencurigakan

Beberapa kontak WhatsApp ada yang melakukan broadcast atau pesan siaran dengan menyertakan link. Ada baiknya untuk mencari tahu lebih dahulu tentang link yang dikirimkan itu daripada mengkliknya.

Berita Terkait :
)
Saksikan Juga