Smartphone Rp1,8 Juta Dirancang Khusus untuk Awasi Anak

Geniora Phone Gen-1.
Sumber :
  • Dok. Geniora

VIVA – Geniora merilis smartphone pertama yang secara khusus diperuntukkan bagi orangtua supaya bisa mengawasi anak-anak bernama Phone Gen-1. Smartphone yang dibanderol Rp1,8 juta ini dilengkapi fitur pendampingan orangtua, Geniora Parent. Fitur ini bisa mengawasi, membatasi hingga mengintrupsi penggunaan gadget pada anak.

Parto Patrio Rela Nahan Sakit Demi Tepati Janji Liburan Keluarga ke Bali

Menurut Project Manager Geniora, Peybel SN, kehadiran ponsel pintar ini dilatarbelakangi dari kepedulian akan kekhawatiran orangtua mengenai pengenalan teknologi pada anak-anak.

Baca: Adu Hebat Ponsel 5G Realme vs Samsung

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

“Kami sungguh memahami dan peduli akan kekhawatiran serta dilema yang dihadapi orangtua sehubungan dengan pengenalan teknologi, khususnya penggunaan gadget pada anak. Karena itulah kami meluncurkan Geniora Phone Gen-1," katanya, Kamis, 27 Agustus 2020.

Phone Gen-1 merupakan smartphone Android entry-level dengan Sistem Operasi (OS) Android 9.0, serta berbekal sejumlah fitur seperti konektivitas 5G, wifi, kamera, serta sensor pemindai sidik jari (fingerprint).

Hari Buku Sedunia, Starbucks Indonesia Serahkan 8.769 Buku untuk Anak-anak

Fitur lainnya yang ada di Phone Gen-1 adalah Please Listen, yaitu orangtua bisa mengingatkan anak-anaknya akan kewajibannya lewat sebuah notifikasi. Bila setelah itu sang anak masih mengabaikannya, maka orangtua bisa langsung mengunci ponselnya.

Selain itu ada juga Modes of Use yang bisa digunakan untuk memilih dan mengelompokkan aplikasi sesuai untuk anak serta waktu tepat untuk mengaksesnya. Orangtua dapat juga menyembunyikan aplikasi pada Phone Gen-1.

Smartphone Geniora juga memiliki Scheduler. Aplikasi yang sudah diatur tadi akan mendapatkan fitur ini secara otomatis dan orangtua dapat menyesuaikan waktu penggunaan.

"Fitur yang lainnya misalkan Geolocation, untuk mengetahui lokasi anak secara real-time dan satu minggu terakhir. Lalu, ada Calls yang bertugas mengatur panggilan masuk dan keluar pada perangkat. Tombol SOS yang bisa ditekan anak saat merasa terancam dan akan terhubung otomatis ke orangtua lewat email berisi lokasi terakhir," tegas Paybel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya