Hati-hati, Internet Rumah Jadi Target Utama Penjahat Siber

Hacker mengambil data pribadi korban.
Sumber :
  • TechCrunch

VIVA – Mengelola keamanan jaringan internet di rumah, tidak sekadar menginstal program antivirus di PC atau laptop saja. Karena banyak perangkat lain yang terhubung ke internet di sekitar rumah, seperti ponsel, tablet, konsol game, dan lain-lain.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Dilansir dari situs USA Today, Jumat 18 September 2020, perangkat seperti itu, banyak di antaranya yang rentan terhadap peretasan. Untuk itu, jika kamu tidak ingin penjahat siber melintasinya, yang berpotensi menyebarkan malware atau ransomware, kamu harus mengamankan seluruh jaringan di rumah.

Baca: Pandemi Bikin Suami Raisa Ketagihan

Kemenkominfo Mengadakan Nonton Bareng Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Jaringan rumah adalah target utama penjahat siber yang menggunakan perangkat pintar (smart device) tidak berbahaya sebagai batu loncatan untuk menjarah data dari PC dan smartphone. Atau, mereka mungkin menggabungkan perangkat yang lebih sederhana ini menjadi 'botnet' yang jauh lebih besar yang dapat digunakan untuk membuat kekacauan di internet.

Rata-rata, satu dari tiga koneksi internet dari jaringan rumah dibuat melalui perangkat selain komputer atau telepon. Jadi, ada banyak kemungkinan kerusakan jika kamu tidak mengunci jendela virtual kamu ke dunia jaringan.

Kemenkominfo Menyelenggarakan Webinar "Waspada Rekam Jejak Digital di Internet"

Sebenarnya kamu bisa melakukannya sendiri, tetapi itu bisa menjadi pekerjaan yang berat dan potensi kesalahan bisa jadi signifikan. Bagi kebanyakan orang, lebih masuk akal untuk membayar layanan perlindungan jaringan, baik yang ditawarkan oleh penyedia internet kamu atau bisnis lain dan itu tidak akan merugikan kamu.

Jaringan rumah seperti sekumpulan kaleng yang diikat satu sama lain dengan string. Itu semua adalah perangkat internal kamu dan data yang mereka bagikan satu sama lain.

Sekarang bayangkan, jika setiap kaleng yang diikat ke ribuan tali lain di luar rumah kamu. Itu adalah koneksi data yang rutin dibuat perangkatmu ke perangkat lain di internet global.

Layanan keamanan jaringan yang baik akan menyiapkan firewall untuk memblokir lalu lintas data yang tidak diinginkan. Tidak berhenti di situ, karena firewall tidak sempurna, itu juga akan memantau lalu lintas jaringan menggunakan kecerdasan buatan untuk mendeteksi pola yang tidak biasa.

Cara ini bisa mengawasi perangkat kamu dan domain internet berbahaya, serta memperingatkan kamu tentang potensi ancaman dan memblokir situs web yang mencurigakan.

Biasanya, kamu dapat mengkonfigurasi keamanan kamu dan menanggapi peringatan dari laptop atau telepon. Penyedia internet memungkinkan kamu memblokir pengguna dan situs web yang tidak sah, agar tidak terhubung ke gadget rumah kamu.

Orangtua juga seringkali dapat menggunakan layanan ini untuk menetapkan aturan di situs web yang dapat dikunjungi anak-anak dan batasan waktu layar. Mulailah dengan memeriksa layanan yang disediakan oleh penyedia broadband atau pembuat router kamu.

Apakah perangkat lunak mudah diatur dan digunakan? Periksa perusahaan keamanan mana yang memasok alat keamanan yang mendasarinya, Bitdefender, F-Secure, McAfee, dan Trend Micro, adalah beberapa yang direkomendasikan.

Kamu juga bisa membeli kit keamanan jaringan langsung dari perusahaan keamanan. Meskipun kamu biasanya akan diminta membayar lebih untuk perangkat pemantauan tambahan yang akan kamu tambahkan ke jaringan. Ini seringkali menyertakan perangkat lunak anti-malware untuk komputer dan ponsel.

Cari perangkat lunak yang juga memungkinkan kamu untuk membuat dua jaringan rumah 'virtual' yang terpisah. Cadangan satu untuk komputer kerja dan penyimpanan data berjaringan, dan gunakan yang lain untuk smart TV serta speaker.

Jika kamu ingin melakukannya sendiri tanpa mengeluarkan biaya, ini akan menjadi pekerjaan yang merepotkan dan membutuhkan banyak keahlian. Jadi, mungkin lebih baik kamu mengeluarkan uang untuk mendapatkan perlindungan ekstra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya