Logo WARTAEKONOMI

Harga Huawei Mate 30 Naik Gila-gilaan

Huawei Mate 30 Pro
Huawei Mate 30 Pro
Sumber :
  • VIVA.co.id/Misrohatun Hasanah

Konsumen ponsel pintar China bergegas membeli gawai rakitan Huawei yang mendapat dukungan chip Kirin; Huawei Mate 30. Mengapa mereka melakukan itu? Apa dampaknya?

Mengutip Reuters, Jumat (18/9/2020), para konsumen cemas kalau pembatasan akses Amerika Serikat (AS) terhadap HUawei akan segera menghentikan produksi perangkat premium Huawei.

Karena naiknya permintaan, harga perangkat itu pun naik. "Harga ponsel Huawei baru dan bekas terus meningkat selama sebulan terakhir, rata-rata sekitar 400-500 yuan (sekitar Rp874 ribu-1,1 juta)," ujar salah satu vendor ponsel di Huaqiangbei, Shenzhen, China.

Pada Januari 2020, harga Huawei Mate 30 ada di kisaran 10 ribu yuan (sekitar Rp21,8 juta). Kini, harga jualnya mencapai 14 ribu yuan (30,5 juta) di pasaran. Sementara itu, di pasar daring, harga Huawei Mate 30 juga ada di kisaran angka tersebut.

Baca juga: Panduan Cara Aman Bermain Tinder

Salah satu vendor bercerita, konsumen cemas dengan pasokan komponen untuk ponsel Huawei yang baru. "Harga ponsel Huawei semakin mahal, tapi itulah hukum penawaran dan permintaan. Jika orang-orang menyukai mereknya, mereka akan membayar lebih," imbuh vendor yang mengaku bernama Xiao.

Sekadar informasi, pemerintah AS mencegah sebagian besar perusahaan AS berbisnis dengan Huawei. Trump dan jajarannya mengatakan, Huawei merupakan kaki tangan pemerintah China. Sementara itu, Huawei berulang kali membantah tuduhan itu.