Lewat Kelincahan Jari Bisa Pantau Banjir Jakarta

Aplikasi pemantau banjir Jakarta.
Sumber :
  • VIVA/Novina Putri Bestari

VIVA – Banjir mulai melanda Jakarta sejak Selasa malam, 21 September 2020. Tak hanya ibu kota, sejumlah wilayah di Kabupaten Sukabumi dan Kota Bogor – keduanya Jawa Barat – juga diguyur hujan lebat juga disertai banjir.

MIND ID Pastikan Beri Kemanfaatan Bagi Daerah Wilayah Kerja, Begini Caranya

Sejumlah ruas jalan di ibu kota Jakarta terendam banjir. Misalnya wilayah Jalan Jenderal Sudirman, Kawasan Karet Semanggi, dan Palmerah. Namun sebenarnya terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk pantau banjir di Jakarta.

Dari sana, masyarakat bisa memperoleh informasi mengenai ketinggian air, daerah terkena banjir dan gambaran langsung dari lokasi. Berikut aplikasi-aplikasi pantau banjir Jakarta yang dirangkum VIVA Tekno, Selasa, 22 September 2020:

SBY Minta Prabowo Perbaki Sistem Pemilu: Politik Uang Makin Menjadi, Lampaui Batas Kewajaran!

JAKI - Jakarta Kini

Aplikasi dari Pemprov DKI Jakarta ini memuat sejumlah informasi dan layanan masyarakat. Salah satunya mengenai banjir yang dapat diakses melalui fitur JakPantau. Salah satu menu nya bernama Info Banjir, yang akan memperlihatkan titik-titik mana saja yang mengalami banjir.

Desain TWS Ini Unik

Daerah tersebut akan dibedakan melalui warna dan ketinggian airnya mulai dari 10 cm hingga lebih dari 150 cm. Selain itu juga terdapat informasi mengenai jumlah korban, lokasi pengungsian, dapur umum, bantuan yang dibutuhkan dan telah diterima, serta foto.

Adapula menu Pintu Air, Pos Pengamatan dan Pompa Air dalam fitur JakPantau tersebut. Aplikasi ini sudah tersedia di Android dan iOS.

Pantau Banjir

Tampilan Jaki, aplikasi pemantau banjir Jakarta.

Pantau Banjir ini juga dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Dalam aplikasi juga bisa dilihat wilayah terdampak beserta ketinggian airnya berdasarkan tanggal kejadian.

Salah satu menu yang dihadirkan adalah report, yang akan menghadirkan informasi wilayah terkena banjir. Saat diklik akan menyertakan laporan dari pengguna termasuk alamat daerah tersebut.

Selain itu juga ada fitur Pintu Air untuk mengetahui status serta tinggi air, keberadaan pos pengamanan, dan juga pompa air. Aplikasi Pantau Banjir baru tersedia untuk pengguna Android.

Sistem Peringatan Dini Banjir Provinsi DKI Jakarta

Dinas Sumber Daya Air DKI Jakarta yang membuat aplikasi ini. Sama seperti platform sebelumnya, Sistem Peringatan Dini Banjir dapat melihat informasi tinggi muka air dan grafik kenaikan masing-masing pintu air.

Aplikasi Sistem Peringatan Dini Banjir ini juga memasukkan aplikasi fitur Prakiraan Cuaca. Selain itu juga menyediakan daftar kontak penting seperti Hotline Jakarta Siaga Bencana, Command Center Dinas SDA DKI, serta email dan Twitter Dinas SDA DKI. Aplikasi ini baru tersedia untuk pengguna Android saja.

Aplikasi pemantau banjir Jakarta.

Molecool

Molecool sudah bisa diakses melalui App Store dan Google Play Store. Aplikasi ini sebenarnya menyediakan informasi keadaan jalanan di Jakarta lewat CCTV. Namun untuk banjir, masyarakat dapat melihat keadaan sebuah wilayah dalam aplikasi ini.

Caranya dengan masuk ke fitur CCTV lalu akan terlihat CCTV terdekat dengan lokasi. Untuk mencari lokasi lain tinggal klik see all, setelahnya ketik wilayah yang ingin dipantau keadaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya